Tanggul Desa Wage jebol, puluhan warga mengungsi

Kamis, 18 Juli 2013 - 15:10 WIB
Tanggul Desa Wage jebol, puluhan warga mengungsi
Tanggul Desa Wage jebol, puluhan warga mengungsi
A A A
Sindonews.com - Sebuah tanggul di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, jebol akibat derasnya luapan Sungai Walannae dan Danau Tempe. Air yang mengalir deras tersebut, menerjang rumah panggung di sekitar tanggul. Sehingga, pemilik rumah terpaksa mengungsi, karena rumah mereka nyaris ambruk.

Curah hujan yang cukup tinggi di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, membuat Sungai Walannae, dan Danau Tempe meluap. Akibat luapan sungai tersebut, ribuan rumah terendam banjir. Bahkan sebuah tanggul di Desa Wage, Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo, jebol.

Air yang mengalir deras tersebut, menerjang rumah panggung di sekitar tanggul. Sehingga rumah panggung tersebut nyaris ambruk. Pemilik rumah pun terpaksa harus meninggalkan rumah mereka, dan mengungsi ketempat yang lebih aman, karena takut terbawa arus.

Tanggul Sabbangparu yang jebol sekitar dua puluh meter tersebut, membuat warga sebanyak 60 kepala keluarga (KK) yang bermukim di sekitar tanggul merasa khawatir. Bahkan, akibat jebolnya tanggul tersebut akses jalan yang menghubungkan Desa Wage dan Desa Ujungpero, terputus.

Warga pun merasa kecewa, karena pemerintah setempat belum memberikan bantuan. Sehingga terkesan tidak memperhatikan nasib mereka yang sudah sangat membahayakan nyawa tersebut.

Indo Patang, warga sekitar mengatakan, dia dan keluarganya terpaksa harus mengungsi. Karena, rumahnya nyaris roboh diterjang derasnya air sungai akibat jebolnya tanggul.

Dia mengaku kecewa terhadap pemerintah yang hingga kini belum memberikan bantuan. Dia berharap, pemerintah setempat segera memperhatikan nasib warga yang berada di sekitar tanggul. Karena, apabila tanggul yang hanya terbuat dari tumpukan pasir dalam karung tersebut jebol, maka tidak menutup kemungkinan akan ada korban jiwa.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7168 seconds (0.1#10.140)