Di Jember, DPT lebih banyak dari DP4

Rabu, 17 Juli 2013 - 16:10 WIB
Di Jember, DPT lebih banyak dari DP4
Di Jember, DPT lebih banyak dari DP4
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur. Dari hasil coklit yang dilakukan KPU, DPT Jember jauh lebih banyak dibandingkan daftar penduduk potensial pemilih (DP4) yang diberikan oleh Dinas Kependudukan.

Ketua KPU Ketty Tri Setyorini menjelaskan, dari hasil coklit yang dilakukan petugas pantarlih dari rumah ke rumah, jumlah pemilih di Jember mencapai 1,7 orang jiwa lebih.

"Sedangkan jika berdasarkan DP4 dari Dispenduk, jumlah pemilih diperkirakan hanya 1,6 juta orang lebih. Sehingga terdapat selisih yang cukup banyak, bahkan sangat dimungkinkan masih akan bertambah, jika ada penduduk yang belum masuk dalam DPT," kata Ketty, Rabu (17/7/2013).

Ketty optimis data hasil coklit yang kemarin akan ditetapkan menjadi DPT sangat akurat. sebab selama tujuh kali pemilu di Jember, jumlah pemilih memang selalu berkisar 1,7 juta jiwa. Jika ada penambahan atau pengurangan tentu tidak akan terlalu signifikan.

Ketty juga menerangkan, dengan ditetapkannya DPT secara otomatis masa jabatan petugas pantarlih berakhir. Meski demikian bukan berarti pantarlih bisa lepas tanggung jawab. Sebab jika masih ada penduduk yang melapor belum masuk dalam DPT, maka menjadi kewajiban pantarlih untuk menghubungi PPS atau PPK setempat.

"Jadi sangat dimungkinkan hingga H-7 pelaksanaan Pilgub, akan ada DPT perubahan untuk menjaring masyarakat yang belum terdata. Jika ternyata pada hari H masih saja ada yang belum masuk DPT, masyarakat bisa mendatangi TPS hanya dengan menunjukkan KTP-nya," katanya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1986 seconds (0.1#10.140)