Razia daging glonggongan di Kendal

Rabu, 17 Juli 2013 - 10:31 WIB
Razia daging glonggongan di Kendal
Razia daging glonggongan di Kendal
A A A
Sindonews.com - Mahalnya harga daging banyak dimanfaatkan pedagang untuk menjual daging glonggongan.

Terbukti saat petugas dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kendal Jawa Tengah serta Satpol PP menggelar razia di Pasar Weleri, menemukan 80 kilogram daging sapi yang dicurigai glonggongan dan mengandung cacing hati.

Namun demikian, petugas tidak menyita daging itu dan hanya memberikan teguran agar pedagang tidak menjual barang tersebut. Diduga daging itu merupakan produksi daging dari wilayah Boyolali.

Kadis Pertanian Pertanian Peternakan dan Kehutanan Kendal Sri Purwati mengatakan, daging yang dicurigai glonggongan didatangkan dari wilayah Boyolali.

Menurutnya, kenaikan harga daging yang cukup tinggi banyak digunakan pedagang nakal dengan menjual daging yang lebih murah namun tidak sehat.

"Ini tidak lepas dari harga daging yang cukup tinggi," tukas Sri, Rabu (17/7/2013).

Dalam razia kali ini pihaknya baru memberikan peringatan agar pedagang bisa lebih jeli membeli daging. Untuk mengetahui daging itu glonggolan tekstur daging lebih basah dan dijual dengan harga lebih murah.

Selain mewaspadai daging glonggongan, petugas juga meminta agar pedagang berhati-hati dengan hati sapi mengandung cacing.

Pedagang daging Edi Purnomo mengaku dirinya tidak tahu jika daging yang dijualnya glonggongan. Menurutnya daging itu memang dibeli dengan harga lebih murah dari biasanya.

Sementara seorang pembeli bernama Nuraeni mengaku tidak bisa membedakan mana daging basah mana yang tidak.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7030 seconds (0.1#10.140)