DPRD Sulsel minta pembangunan underpass dipercepat

Selasa, 16 Juli 2013 - 02:09 WIB
DPRD Sulsel minta pembangunan underpass dipercepat
DPRD Sulsel minta pembangunan underpass dipercepat
A A A
Sindonews.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan (Sulsel) meminta agar pengerjaan jalan bawah tanah (underpass) di simpang lima Bandara Internasional Sultan Hasanuddin segera dilaksanakan.

Pasalnya, pemerintah pusat sudah menggelontorkan anggaran pembangunan sebesar Rp20 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk mega proyek tersebut. Sehingga, tidak ada alasan untuk menunda pengerjaan.

“Dananya kan sudah ada, tunggu apa lagi. Keberadaan underpass ini sangat penting untuk membantu mengurai kecepatan yang sangat tinggi di daerah tersebut,” ungkap Anggota Komisi D Affandy Agusman Aris, kepada wartawan, Senin (15/7/2013).

Menurut Legislator Partai Hanura ini, simpang lima bandara merupakan jalur terpadat di Indonesia Timur. Dengan terbangunnya underpass ini, maka akan menggantikan fungsi lampu lalu lintas yang belum optimal mengendalikan kemacetan lalu lintas di wilayah tersebut.

Affandy menuturkan, di lintas Jalan Perintis Kemerdekaan, dalam sehari mencapai 250 ribu unit kendaraan roda dua dan roda empat. Begitupula dengan jalan tol yang seharo-harinya dipadati hingga 25 ribu kendaraan pada hari biasa dan bisa mencapai 30 ribu di akhir pekan.

Karena itu lanjut dia, pekan ini komisi pembangunan mengandekan memanggil Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) VI Makassar dan Dinas Marga Dulsel untuk mempertanyakan perkembangan proyek underpass.

Dikonfirmasi, Satuan Kerja (Satker) BBPJN VI Makassar Rahman Djalil mengungkapkan, jika pihaknya sedang menggelar tender untuk memulai pembangunan jalan bawah tanah tersebut. "Perencanaan pekerjaan proyek underpass sudah dijadwalkan," katanya.

Hingga akhir 2013, dilakukan pelebaran persimpangan jalan perintis yang memotong akses menuju bandara, setelah itu pembangunan jalur jalan bawah tanah dimulai.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6218 seconds (0.1#10.140)