Menko Polhukam minta Polri & TNI pulihkan kamtibmas di Nabire

Senin, 15 Juli 2013 - 08:50 WIB
Menko Polhukam minta...
Menko Polhukam minta Polri & TNI pulihkan kamtibmas di Nabire
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Djoko Suyanto meminta kepada aparat Polri dan TNI untuk membantu memulihkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Nabire, Papua.

Pasca kerusuhan yang terjadi dalam pertandingan olahraga tinju di GOR Kota Lama Nabire, sebanyak 18 orang tewas. Djoko menyayangkan terjadinya hal ini.

"Aparat Polri dan TNI diminta membantu memulihkan situasi kamtibmas di Nabire," ujarnya melalui pesan singkat kepada wartawan, Senin (15/7/2013).

Selain itu, Djoko juga menyatakan bahwa pemerintah berduka cita atas meninggalnya 18 orang dalam kerusuhan pada pertandingan olahraga tinju di Nabire,

"Pemerintah berduka cita atas meninggalnya 18 orang dalam kerusuhan pada pertandingan tinju di Nabire," pungkasnya.

Seperti diketahui, kerusuhan itu terjadi berawal ketika pertandingan final kejuaraan tinju memperebutkan piala "Bupati Cup" yang dimenangkan Alfius Rumkorem dari sasana Persada menggalahkan Yulianus Pigome dari sasana Mawa yang berlangsung di GOR Kota Lama Nabire, Minggu 14 Juli 2013 malam.

Akan tetapi, pendukung Yulianus Pigome tidak terima atas kekalahan itu, hingga terjadi saling ejek yang kemudian terjadi saling lempar hingga menyebabkan para penonton lainnya berebutan keluar dari GOR.

Diperkirakan sekitar 1.500 orang berada di GOR tersebut untuk menyaksikan final. Saat berdesak-desakan itulah, menurut pihak Kepolisian setempat, menyebabkan banyak yang tewas dan luka-luka.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0738 seconds (0.1#10.140)