DPR desak Kemenkum HAM bentuk timsus

Jum'at, 12 Juli 2013 - 14:36 WIB
DPR desak Kemenkum HAM bentuk timsus
DPR desak Kemenkum HAM bentuk timsus
A A A
Sindonews.com - Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso mendesak Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) untuk membentuk tim khusus (timsus) menyelidiki penyebab utama dibalik kericuhan dan aksi pembakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta, Medan.

"Tim khusus untuk menyelediki itu semua, karena sudah ada korban jiwa jatuh sampai lima orang. Tim itu bisa gabungan dan bisa independen, saya persilakan ke Kemenkum HAM," kata Priyo di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (12/7/2013).

Ditambahkand dia, laporan yang masuk ke DPR RI, masih simpang siur. Sehingga, perlu dibentuk timsus tersebut agar mereka mendapatkan informasi yang jelas dari peristiwa tersebut.

"Karena informasi yang masuk, ada perlakuan yang kurang manusiawi dari pihak-pihak sipir kepada warga binaan, dan masalah lain yang jadi pemicu," terangnya.

Seperti diberitakan Sindonews sebelumnya, kericuhan mewarnai Lapas Tanjung Gusta, Medan. Akibat peristiwa ini, sebanyak 300 narapidana melarikan diri, dengan cara menjebol dinding lapas.

Menurut Kasubdit III/Umum Ditreskrimum Podasu AKBP Andry Setiawan, kejadian bermula dari kekesalan narapidana akibat mati listrik di lapas tersebut. "Sejak pagi mereka melaporkan mati listrik tersebut kepada pihak LP. Karena listrik mati, air pun tidak ada. Mereka marah," terangnya.

Kekesalan itu, didukung ribuan narapidana lainnya, hingga membuat situasi disekitar lapas mencekam. Aksi ini berujung pada pembakaran Lapas Tanjung Gusta, pada beberapa fasilitas umum.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6954 seconds (0.1#10.140)