Napi Tanjung Gusta sempat jarah belasan senjata sipir

Jum'at, 12 Juli 2013 - 14:33 WIB
Napi Tanjung Gusta sempat...
Napi Tanjung Gusta sempat jarah belasan senjata sipir
A A A
Sindonews.com - Dalam situasi mencekam tadi malam, narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara (Sumut), sempat mengambil kesempatan menjarah belasan senjata api milik petugas sipir lapas yang tersimpan di lemari di ruang administrasi.

Informasi yang berkembang di lapas, diduga senjata itu akan digunakan untuk melawan petugas gabungan TNI/Polri.

Kapolresta Medan Kombes Pol Nico Afinta membenarkan hal itu. Menurutnya, saat itu, dia mengimbau seluruh napi untuk masuk ke sel masing - masing demi menghindari adanya korban jiwa.

“Ya itu sempat terjadi, Kami kemudian mengimbau mereka untuk masuk kembali ke dalam LP, atau kami akan melakukan tindakan tegas,” katanya singkat, Jumat (12/7/2013).

Seperti diberitakan, kebakaran yang terjadi di LP Tanjung Gusta ternyata bukan korsleting listrik. Kebakaran diduga sengaja dilakukan tahanan untuk menghalangi polisi masuk ke dalam lapas.

Pantauan di lapangan, depan lapas terlihat api yang menyala. Kondisi gelap dan mati lampu membuat suasana semakin mencekam.

Pintu depan lapas sengaja dibiarkan terbuka, tapi ratusan petugas Kepolisian yang berada di lokasi tidak berani untuk masuk ke dalam. Mereka hanya mengepung lapas untuk mengantisipasi kaburnya kembali tahanan.

Sementara itu, para tahanan yang bertahan di dalam lapas terus melempari benda apapun dari dalam lapas. Terlihat dua mobil pemadam kebakaran yang ada di depan lapas seluruh kacanya hancur akibat dilempari tahanan.

Akibat kericuhan ini diduga 300 napi melarikan diri dengan menjebol tembok belakang lapas. Para tahanan yang kabur berasal dari tahanan kriminal hingga tahanan teroris.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4717 seconds (0.1#10.140)