Atap Pasar Srogo sepanjang 200 meter ambruk

Kamis, 11 Juli 2013 - 13:41 WIB
Atap Pasar Srogo sepanjang 200 meter ambruk
Atap Pasar Srogo sepanjang 200 meter ambruk
A A A
Sindonews.com - Atap sepanjang 200 meter di Pasar Srogo, Desa Sidorejo Brangsong, Kendal, Jawa Tengah, Kamis (11/7/2013) ambruk.

Ambruknya atap ini mengakibatkan satu sepeda motor rusak tertimpa reruntuhan atap. Diduga, atap ini ambruk karena konstruksi yang asal-asalan serta tidak kuat menahan beban.

Beruntung saat kejadian, pasar masih dalam keadaan sepi. Pedagang khawatir bangunan yang lainnya akan ambruk karena kondisinya sudah mulai rapuh. Hingga kini, sejumlah pedagang dan warga masih sibuk menyingkirkan puing-puing reruntuhan atap teras pasar

"Kalau kata saya sih atap ini ambruk sesaat setelah diguyur hujan. Awalnya, warga hanya mendengar bunyi retakan dan tiba-tiba teras bagian barat runtuh," jelas seorang warga, Rosi, di TKP.

Menurutnya, ambruknya atap sepanjang 200 meter ini sempat membuat panik pedagang Pasar Srogo yang kemudian banyak yang berlarian dan berhamburan keluar pasar.

"Banguan pasar ini masih 10 tahun lho usianya, masa sudah roboh. Kami menduga dibangun asal-asalan. Karena kalau diperhatikan, memang tiang penyangganya tidak diberi tiang, dan hanya diberi paku," jelas seorang pedagang Mudhori.

Dirinyapun bersama para pedagang lain khawatir jika kejadian tersebut dapat terulang mengingat kondisinya yang sudah nampak memprihatinkan.

Berdasarkan pantauan di lapangan, kondisi Pasar Srogo sendiri terlihat mulai rusak. Plafon pasar sudah jebol dan kayu penyangga atap mulai rapuh dan retak. Pedagang berharap, pemerintah setempat segera merehab Pasar Srogo yang rusak agar tidak ada kejadian serupa yang bisa menimbulkan korban.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7389 seconds (0.1#10.140)