Anggota DPRD Kabupaten Tana Toraja di PAW

Rabu, 10 Juli 2013 - 17:00 WIB
Anggota DPRD Kabupaten Tana Toraja di PAW
Anggota DPRD Kabupaten Tana Toraja di PAW
A A A
Sindonews.com - Satu dari enam anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tana Toraja yang pindah partai politik, resmi digantikan melalui Pergantian Antar Waktu (PAW). Anggota dewan itu adalah LR Tangko. Dia digantikan Agustinus Patinggi dari Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI).

Pergantian Antar Waktu (PAW) dilakukan berdasarkan SK Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 1301/XI/2013 tentang Peresmian Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota DPRD Pergantian Antar Waktu. LR Tangko yang kembali mencalonkan diri di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 pindah ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sementara Agustinus Patinggi yang resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua DPRD, Welem Sambolangi merupakan anggota dewan termuda di DPRD Tana Toraja yang baru berusia 29 tahun.

"Proses PAW ini sudah sesuai dengan ketentuan dan mekanisme yang berlaku di lembaga DPRD Tana Toraja," ujar ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi, kepada wartawan, Rabu (10/7/2013).

Proses PAW anggota dewan dari PPDI tersebut, dihadiri oleh Bupati Tana Toraja dan unsur Muspida Tana Toraja. Bupati Theofilus Allorerung dalam sambutannya menyatakan, proses PAW merupakan dinamika dan konsekuensi politik yang biasa terjadi dilembaga DPRD.

Theofilus berharap, apa yang telah dirintis oleh LR Tangko bersama anggota DPRD lainnya, dapat dilanjutkan oleh Agustinus. Anggota dewan yang baru dilantik tersebut juga diharapkan dapat menyesuaikan diri dan bersinergi dengan baik, demi kepentingan dan pelayanan kesejahteraan masyarakat.

"Proses PAW ini karena undang-undang. Anggota dewan yang diganti karena maju menjadi caleg melalui partai lain," kata Theofilus

Sementara itu, lima anggota DPRD Tana Toraja lainnya yang maju menjadi caleg dan pindah partai yang belum di PAW yakni, Kristian HP Lambe dari partai PDS pindah ke Partai Demokrat, Andarias P. Buttutasik dari partai Republikan dan Takin Sima dari PDK yang pindah ke PKP Indonesia.

Selain itu, ada Yakobus Tonglolangi dari partai PKPB, dan Septianus Toding Komba dari partai PPD menjadi caleg Partai Hanura.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6163 seconds (0.1#10.140)