Rawan gempa, konstruksi bangunan harus diperhatikan

Jum'at, 05 Juli 2013 - 17:01 WIB
Rawan gempa, konstruksi bangunan harus diperhatikan
Rawan gempa, konstruksi bangunan harus diperhatikan
A A A
Sindonews.com - Ketua DPR RI Marzuki Alie menyampaikan belasungkawa untuk korban bencana gempa bumi di Aceh.

"Pertama saya atas nama pribadi dan dewan menyampaikan belasungkawa, kepada korban gempa insya allah mati syahid, dan diampuni semua kesalahan dan juga ditempatkan di sisi yang terbaik di sisi Allah," kata Marzuki di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (5/7/2013).

Marzuki meminta agar pemerintah memberlakukan izin bangunan tempat tinggal terkait konstruksi bangunan.

"Kita tahu bahwa di beberapa wilayah Indonesia ini adalah rawan gempa, oleh karenanya teknologi bangunan yang anti gempa itu harusnya menjadi landasan di dalam memberikan perizinan kepada masyarakat manakala membangun rumah, jangan biarkan masyarakat membangun rumah yang bisa menimbulkan korban," ujarnya.

Tak hanya itu, pemerintah daerah (Pemda) bersama Badan Nasional Penanggulanan Bencana Nasional (BNPB) dan daerah untuk selalu melakukan perawatan terhadap alat pemantau bencana.

"Namanya alat tiap tahun harus di maintenance, lebih baik preventif. Pembangunan diberikan teknologi yang anti gempa," terangnya.

Terkait penanggulangan bencana saat ini, kata dia, Pemda, BNPB serta BPBD harus bekerjasama menolong korban bencana tersebut.

"Saya harapkan badan nasional atau badan daerah langsung terjun membantu menyelesaikan malah itu," pungkasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6359 seconds (0.1#10.140)