Tangani gempa Aceh, BNPB siapkan Rp40 M

Rabu, 03 Juli 2013 - 18:22 WIB
Tangani gempa Aceh, BNPB siapkan Rp40 M
Tangani gempa Aceh, BNPB siapkan Rp40 M
A A A
Sindonews.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyiapkan dana khusus untuk menanggulangi bencana gempa bumi yang terjadi di Bener Meriah dan Aceh Tengah, Aceh, Selasa (2/7) kemarin siang.

Menurut, Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dana tersebut diambil dari dana siap pakai yang belum ditentukan besaran jumlahnya. Namun, untuk menanggulangi bencana gempa di Aceh, BNPB secara khusus disiapkan dana sebesar RP40 milar.

"BNPB menyiapkan dana cadangan siap pakai belum ditentukan. Tapi, kami punya dana siap pakai Rp40 miliar bisa dipakai untuk penanganan gempa Aceh," kata Sutopo, di Kantor BNPB, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2013).

Selain itu, Sutopo memastikan tambahan dana untuk menanggulangi bencana gempa Aceh juga didapat dari bantuan dana Kementerian Sosial sebesar Rp1 miliar. "Dana dari Mensos sebesar Rp1 miliar," jelasnya.

Sebelumnya, BNPB telah mengajukan dana siap pakai kepada DPR untuk tahun ini sebesar Rp1 triliun. Namun, oleh DPR baru disetujui sebesar Rp200 miliar. Kata Sutopo, dana sebesar Rp200 miliar itu pun digunakan untuk penanganan bencana di seluruh Indonesia.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.2940 seconds (0.1#10.140)