Gedung bersejarah di Bandung berubah jadi Kafe Dangdut

Rabu, 03 Juli 2013 - 13:48 WIB
Gedung bersejarah di Bandung berubah jadi Kafe Dangdut
Gedung bersejarah di Bandung berubah jadi Kafe Dangdut
A A A
Sindonews.com - Gedung New Majestic, di Kota Bandung kini berubah fungsi menjadi tempat karaoke dangdut. Padahal sebelumnya, tempat tersebut, sering dipakai untuk acara kesenian.

Keprihatinanpun datang dari Ketua Komisi E DPRD Jawa Barat, Didin Supriadin. Menurutnya gedung yang bernilai sejarah tinggi tersebut, tak sepantasnya berubah fungsi, dan harus dipelihara dengan baik.

"Tentu saya prihatin dan menyayangkan heritage seperti itu berubah fungsi," kata Didin di Bandung, Jawa Barat, Rabu (3/7/2013).

Ia mengaku lebih setuju New Majestic jadi gedung kesenian atau pertunjukan. "Itu kan heritage, bangunan lama, bersejarah. Lebih bagus seperti kemarin-kemarin," ungkapnya.

Soal berubahnya fungsi New Majestic, Didin mengaku baru mengetahuinya. Ia berharap, perubahan fungsi itu bisa ditinjau kembali.

Soal peninjauan ulang perizinan New Majestic yang dijadikan tempat karaoke, ia berharap PD Jasa dan Wisata (Jawi) yang merupakan BUMD milik Pemprov Jabar segera membicarakan masalah itu dengan Pemprov Jabar. Sehingga fungsi New Majesic bisa dikembalikan seperti semula.

"Langkah musyawarah mesti ditempuh untuk mencari solusi terbaik," ucap Didin.

Ia optimistis perizinan tempat karaoke itu bisa dicabut jika digelar musyawarah. "Babakan Siliwangi (Baksil) saja kan bisa dicabut izinnya dengan musyawarah," tuturnya.

Dalam waktu dekat, Didin mengaku akan segera berkoordinasi dengan Komisi C DPRD Jawa Barat untuk membahas masalah tersebut.

New Majestic sendiri sudah berubah fungsi jadi tempat karaoke dangdut sejak Senin (1/7/2013). Gedung itu merupakan gedung bersejarah karena merupakan bioskop pertama di Indonesia. Gedung itu dibangun pada 1925 dan beroperasi sejak 1926.

Tapi di tengah perjalanan, gedung itu beberapa kali direnovasi dan berubah nama. Terakhir, gedung itu jadi tempat pertunjukan sebelum jadi tempat karaoke.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6343 seconds (0.1#10.140)