Listrik di Aceh Tengah masih padam

Rabu, 03 Juli 2013 - 05:46 WIB
Listrik di Aceh Tengah masih padam
Listrik di Aceh Tengah masih padam
A A A
Sindonews.com - Kondisi sebagian besar Kabupaten Aceh Tengah mencekam usai diguncang gempa 6,2 skala richter yang menelan banyak korban. Listrik padam total sejak siang kemarin, bahkan Kota Takengon yang biasanya bermandikan cahaya kini gelap gulita.

"Dari sehabis gempa siang tadi sampai sekarang listrik masih padam. Suasana di sini gelap, di tempat pengungsian hanya ada genset kecil sebagai penerang," kata Rahmat (25) seorang pegiat LSM di Takengon saat dihubungi, Rabu (3/7/2013) dini hari.

Menurutnya sebagian besar masyarakat di sana malam ini tak berani tidur di rumah. Bukan hanya yang rumahnya rusak, warga yang tempat tinggalnya masih utuh juga banyak yang memilih mengungsi.

Mereka menginap sementara di masjid atau tenda-tenda darurat yang didirikan di depan rumahnya, karena takut dengan gempa susulan yang terus terjadi sejak sore.

Rahmat mengatakan pengungsi kini tersebar di sejumlah titik baik di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Besar. Di Kota Takengon sendiri ada beberapa lokasi pengungsian, salah satunya di Lapangan Sangga Mara dekat Markas Kodim Aceh Tengah. "Saya ikut mengungsi di Lapangan Sangga Mara," ujarnya.

Dia menyebutkan warga di pengungsian saat ini sangat membutuhkan bantuan seperti makanan, selimut, tenda, tim medis dan alat penerang.

Setelah gempa 6,2 SR, lanjut dia, gempa susulan terus melanda daerah itu. Ada dua yang cukup dirasakan warga tadi malam dengan kekuatan 5,5 dan 5,3 SR. Tiap kali gempa, warga seketika panik dan langsung mencoba saling menenangkan diri dengan zikir dan menyebut asma Allah.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8458 seconds (0.1#10.140)