Masjid ambruk, 9 anak tewas tertimbun

Rabu, 03 Juli 2013 - 05:40 WIB
Masjid ambruk, 9 anak tewas tertimbun
Masjid ambruk, 9 anak tewas tertimbun
A A A
Sindonews.com - Gempa 6,2 skala richter yang melanda Aceh juga merubuhkan Masjid Babussalihin di Kampung Blang Mancung, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah. Belasan anak yang sedang mengaji di dalamnya tertimbun.

Pencarian terhadap korban dengan melibatkan TNI dan alat berat masih terus dilakukan. Hingga menjelang dini hari tadi dilaporkan sudah sembilan korban ditemukan tak bernyawa dari reruntuhan bangunan.

"Sampai pukul 23.00 WIB tadi sudah sembilan korban ditemukan, meninggal semua," kata seorang pegiat LSM di Takengon, Aceh Tengah, Rahmat (25) saat dihubungi, Rabu (3/2/2013) dinihari.

Rahmat yang ikut menyaksikan proses evakuasi korban mengatakan, semua korban yang masih di bawah reruntuhan bangunan saat ini diperkirakan sudah meninggal, karena sangat sedikit kemungkinan mereka selamat.

Menurutnya sebelum gempa 6,2 SR mengguncang daerah itu, Selasa (2/7/2013) siang kemarin, belasan anak-anak kampung tersebut sedang mengaji di Masjid Babussalihin. Beberapa bocah duduk di teras masjid sambil memegang benang layang-layangnya.

Nahas, mereka terjebak saat masjid rubuh dihentak gempa. Hanya dua anak kecil yang selamat yang satu berusia 13 tahun dan satu lagi masih berumur 3 tahun. Mereka mengalami luka serius.

"Mereka berhasil dikeluarkan melalui celah-celah lubang bangunan. Yang umur 3 tahun mengalami putus tangan, dia anak yatim. Yang 13 tahun putus kaki," ujar Rahmat.

Menurutnya Blang Mancung termasuk kawasan terparah menerima dampak akibat gempa. Sebagian besar bangunan di kampung ini rusak berat. Malam ini semua warga mengungsi ke meunasah (surau) dan mendirikan tenda-tenda darurat di depan rumahnya.

"Kebanyakan mengungsi di luar rumah, mendirikan tenda darurat. Ada juga yang di meunasah. Mereka takut gempa susulan," sebutnya.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5788 seconds (0.1#10.140)