Pemprov Kaltim siapkan pelayanan & rehabilitasi sosial

Selasa, 02 Juli 2013 - 17:05 WIB
Pemprov Kaltim siapkan pelayanan & rehabilitasi sosial
Pemprov Kaltim siapkan pelayanan & rehabilitasi sosial
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kalimantan Timur, sedang menggalakkan kegiatan Rehabilitasi Sosial Orang Dengan Kecacatan (RSODK) melalui Kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK), dan Rehabilitasi Sosial Masyarakat. Kegiatan ini, mulai dilangsungkan sejak 2013.

Unit pelayanan sosial keliling merupakan kegiatan untuk membantu para penyandang disabilitas. Baik mereka yang mengalami kekurangan fisik, maupun mental atau gabungan keduanya. Dengan kegiatan ini, para penyandang cacat akan menjalani pemeriksaan oleh para dokter.

Selanjutnya, mereka akan dirujuk untuk mendapatkan pengobatan ke rumah sakit, melanjutkan sekolah ke Sekolah Luar Biasa (SLB), atau diberikan kesempatan mengasah keterampilan di luar daerah bagi mereka yang masih memiliki semangat dan kemampuan untuk berkreatifitas.

“Sedangkan bagi yang teridentifikasi mengalami cacat berat, mereka akan kami usulkan untuk mendapat asistensi orang dengan kecacatan tahun depan. Mereka akan mendapat bantuan dari provinsi Rp300 ribu perbulan perorang. Di Kaltim, saat ini terdapat 253 penyandang disabilitas yang mendapatkan bantuan ini,” kata Kepala Dinas Sosial Kaltim, Bere Ali, Selasa (2/7/2013).

Di Kaltim, jumlah penyandang disabilitas diperkirakan sekitar 8.945 jiwa dengan jenis kecacatan tuna netra, tuna rungu wicara, cacat tubuh, cacat mental retardasi, cacat eks psikotik, cacat ganda, cacat berat, dan cacat penyakit kronis.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8674 seconds (0.1#10.140)