Kapolrestabes Bandung ingin anggotanya KASEP

Senin, 01 Juli 2013 - 13:12 WIB
Kapolrestabes Bandung ingin anggotanya KASEP
Kapolrestabes Bandung ingin anggotanya KASEP
A A A
Sindonews.com - Ada yang diidamkan Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Sutarno, pada HUT Bhayangkara ke-67 yang diperingati 1 Juni hari ini. Ia ingin polisi di jajaran Polrestabes Bandung KASEP.

Dalam bahasa Sunda, kasep berarti tampan. Tapi ia punya makna lain dari kata kasep yang dimaksudnya. KASEP adalah Komunikatif, Akomodatif, Santun, Edukatif, dan Peduli.

"Polisi itu harus KASEP," ucap Sutarno di Mapolrestabes Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (1/7/2013).

Ia lalu memaparkan istilah KASEP. Komunikatif, ia meminta polisi bersikap ramah pada masyarakat. Akomodatif, polisi harus menampung semua permasalahan yang ada di tengah masyarakat. "Polisi harus memberi respon yang baik," ungkapnya.

Santun, berarti polisi harus bersikap baik pada masyarakat. Edukatif, berarti polisi jangan lelah memberikan pemahaman dan pendidikan yang baik kepada masyarakat untuk menaati semua peraturan. Sedangkan peduli, polisi diharapkan punya jiwa sosial tinggi terhadap siapapun.

Ia berharap, kerja polisi didukung penuh masyarakat untuk menciptakan keamanan dan ketertiban. Sebab tanpa dukungan masyarakat, polisi akan sulit bekerja.

Jika Sutarno meminta anggotanya untuk jadi polisi KASEP, ia juga meminta agar anggotanya tidak jadi polisi TENGIL. Ada arti tersendiri di balik kata TENGIl itu, yaitu Takabur, Egois, Norak, Galak, Iri, dan Licik.

"Saya ingatkan, jadi jadi polisi TENGIL," imbau Sutarno.

Sebab, seorang polisi harus jadi contoh atau panutan masyarakat. Polisi jangan takabur, jangan sombong, berpenampilan jelek, mudah marah, punya sifat iri, apalagi licik.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5349 seconds (0.1#10.140)