HUT Bhayangkara, Polisi dan Warga Berburu Hama Tikus

Sabtu, 27 Juni 2020 - 10:20 WIB
loading...
HUT Bhayangkara, Polisi dan Warga Berburu Hama Tikus
Memperingati HUT ke-74 Bhayangkara ke-74 Bhabin Khamtibmas, Bhabinsa dan warga Desa Bacem berburu hama tikus. Foto/iNewsTV/Robby/Ridwan
A A A
BLITAR - Dalam rangka memperingati HUT ke-74 Bhayangkara ke-74 Bhabin Khamtibmas, Bhabinsa dan warga Desa Bacem berburu hama tikus.

Hama tikus kerap merusak telur bebek warga Desa Bacem, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar yang menjadi sentra peternakan bebek di Kabupaten Blitar. (Baca juga: Sambut HUT Bhayangkara, Kapolri Lepas Pengiriman 635.055 Paket Sembako )

Tikus dalam jumlah ribuan kerap melubangi telur bebek. Pada siang hari tikus tidak banyak aktivitas dan berdiam diri di atap kendang.

Untuk itu, warga dan polisi memburu tikus dengan menggunakan senapan angin. Satu ekor tikus ini dihargai Rp1.000.

“Meski menjadi hama namun warga melarang membunuh tikus dengan obat. Sebab penggunaan obat atau racun tikus dikhawatirkan juga dapat meracuni bebek. Sehingga senapan angin menjadi pilihan alat untuk berburu tikus,” kata seorang warga, Anna Agustina.

Kapolsek Ponggok AKP Sony Suhartanto mengatakan, kegiatan berburu ini rutin digelar setiap hari. “Bahkan pada malam hari, tikus-tikus ini justru keluar mencari makan sisa-sisa makanan bebek dan merusak telur bebek dengan cara melubanginya,” jelas Sony.
(nth)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3719 seconds (10.177#12.26)