Wantimpres nilai Pemda Sampang tak manusiawi

Senin, 01 Juli 2013 - 12:51 WIB
Wantimpres nilai Pemda Sampang tak manusiawi
Wantimpres nilai Pemda Sampang tak manusiawi
A A A
Sindonews.com - Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) menilai pemindahan penganut Syiah asal Sampang dari Gelanggang Olah Raga (GOR) Sampang, Madura ke Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Sidoarjo, Jawa Timur merupakan suatu tindakan yang tidak manusiawi.

"Kebijakan Pemda Sampang, yang meminta paksa atau memindahkan Warga Syiah yang mengungsi di GOR Sampang ke Sidoarjo tidak manusiawi dan bijaksana," ungkap Anggota Wantimpres, Albert Hasibuan kepada wartawan, di kantornya, Jakarta, Senin (1/7/2013).

Albert mengaku sudah bertemu dengan sepuluh orang perwakilan penganut Syiah asal Sampang yang datang ke Jakarta dengan mengayuh sepeda.

"Kami sudah bertemu dan berbicara dengan sepuluh orang warga dengan menggunakan sepeda ingin bertemu dengan Presiden," terangnya.

Menurut Albert, kebijakan yang dilakukan Pemda Sampang yang merelokasi secara paksa warga Syiah ke Sidoarjo, justru tidak menyelesaikan masalah.

"Kebijakan tersebut bukan penjabaran dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar menjaga kerukunan beragama dan toleransi," tegasnya.

Saat melakukan kunjungan ke Sampang, Albert juga sempat mendengar ada desakan untuk mengusir mereka keluar dari Madura.

"Saya rasa itu sangat tidak manusiawi. Mereka tidur dilantai dan anak-anak tidak bisa sekolah," tuntasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6594 seconds (0.1#10.140)