Makassar anggarkan Rp15 M untuk drainase

Kamis, 27 Juni 2013 - 15:14 WIB
Makassar anggarkan Rp15 M untuk drainase
Makassar anggarkan Rp15 M untuk drainase
A A A
Sindonews.com - Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar segera merealisasikan pembangunan drainase baru di beberapa ruas jalan di Kota Makassar Agustus mendatang.

Adapun ruas jalan yang akan dilakukan pembangunan saluran drainase baru yakni di Jalan Mukhtar Lutfi, Racing Centre, Sultan Abdullah, Banda, Penghibur, Abdullah Daeng Sirua lorong 5, Minasa Upa blok N, Jalan Dusun Riang, Abu Nawas, Daeng Rane, Pampang tembus Rappokalling, Mangga 3 depan SMA 18 dan Jalan Muhajirin 5.

Kepala Seksi Pemeliharaan Bangunan Air dan Drainase Darmawagus mengatakan, pembangunan yang menelan anggaran Rp15 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja daerah (APBD) ini diperkirakan rampung Desember mendatang.

Pihaknya telah menyelesaikan perencanaan rancangannya dan sudah memasuki tahap konsultasi dengan pihak ketiga.

“Proses pelelangan dilakukan dalam satu bulan menyusul surat perintah kerja (SPK) akan terbit. Jadi semua harus selesai pada Desember sesuai aturan realisasi anggaran APBD,”katanya, Kamis (27/6/2013).

Dia menjelaskan, pembangunan dilakukan pada drainase yang telah benar-benar rusak bahkan rubuh. Ada juga saluran lama yang dibuat baru karena sudah tidak layak.

Dia mencontohkan, saluran drainase yang telah rusak seperti di jalan Mukhtar Lutfi yang sudah ada sejak zaman Belanda. Saluran ini sudah tidak kuat dan memang harus dibongkar

“Ada juga lubang dimensinya telah kecil sehingga akan ditata dengan memperbesar dan dibangun baru,”ungkapnya.

Kepala Dinas PU Makassar Muhammad Anshar menambahkan, pembangunan saluran drainase baru untuk wilayah yang memang tidak memiliki saluran, dominan dilakukan di wilayah V dan sekitarnya. Sebab daerah tersebut merupakan kawasan pengembangan yang tidak memiliki drainase.

Pengerjaan proyek drainase ini juga berdasarkan tingkat kebutuhan dan survey lapangan. Saluran drainase disana sangat minim sehingga sering menjadi langganan genangan air. “Pembangunan wilayah V meliputi di jalan mangga tiga depan SMA 18 dan sekitar Paccerakkang,”katanya
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6166 seconds (0.1#10.140)