Tak disiplin, 987 guru di Makassar tak terima sertifikasi

Rabu, 26 Juni 2013 - 20:05 WIB
Tak disiplin, 987 guru di Makassar tak terima sertifikasi
Tak disiplin, 987 guru di Makassar tak terima sertifikasi
A A A
Sindonews.com - sebanyak 987 guru yang tersertifikasi di Kota Makassar, terancam tidak akan mendapatkan tunjangan sertifikasi. Karena, tidak memenuhi jam mengajar yang disyaratkan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Makassar Mahmud mengatakan, untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi, setiap guru harus dinyatakan lulus dari program pelatihan yang diselenggaran Universitas Negeri Makassar (UNM) sebagai lembaga resmi yang ditunjuk pemerintah untuk sertifikasi guru di Kawasan Indonesia Timur.

Hanya saja, setelah dinyatakan lulus, guru tersebut masih harus memenuhi beberapa persyaratan seperti jam mengajar 24 jam perminggu disertai tingkat kedisiplinan.

“SK Kemendiknas tentang 987 belum turun. Syarat mereka tidak penuhi, mulai jam mengajar yang kurang, tingkat kedisiplinan juga kurang atau ada yang berkasnya tidak lengkap,” ujarnya, kepada wartawan, di Makassar, Rabu (26/6/2013).

Karena itu, lanjut Mahmud, mereka diimbau segera melapor. Sebab jika mengacu dengan Permendiknas No.39 tahun 2009 tentang Beban Tugas Guru, maka yang tidak memenuhi syarat, SK-nya dipastikan tidak akan keluar.

Mahmud menambahakan, jika pembayaran sertifikasi guru tahap kedua akan dibayarkan pada bulan Ramadan. Untuk pembayaran tahap kedua ini, ada sekitar 3.993 guru yang sudah menerima SK. Sementara tahap pertama sudah dibayarkan untuk 1.020 guru. Jumlah total guru tersertifikasi di Kota Makassar 6.000 guru.

Sementara itu, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia Kota Makassar Muhammad Assaf mengatakan, jika hal sudah dirapatkan dengan Dinas pendidikan. Sehingga diharapkan guru segera melapor ke Dinas pendidikan mengenai syarat apa yang tidak terpenuhi.

“Apakah tidak sesuai jam mengajarnya atau syarat lain, kita akan cari jalan keluarnya, sehingga semua akan terima SK,” katanya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6156 seconds (0.1#10.140)