Polres Manokwari musnahkan ribuan liter miras

Rabu, 26 Juni 2013 - 15:03 WIB
Polres Manokwari musnahkan ribuan liter miras
Polres Manokwari musnahkan ribuan liter miras
A A A
Sindonews.com - Ribuan liter minuman keras (miras), dimusnahkan di halaman Polres Manokwari, Papua Barat. Miras tersebut merupakan hasil tangkapan dalam enam bulan terakhir. Sebagian besar miras ini paling banyak ditangkap di daerah pelabuhan dan dari tangan penumpang.

Kapolres Manokwari, AKBP Rico Taruna Mauruh mengatakan, angka peredaran miras masih tinggi dan dominan dalam berbagai kasus. Salah satunya, kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang masih tinggi dalam catatan Polres Manokwari.

"Kita tetap berupaya untuk menciptakan suasana kamtibmas di Manokwari. Tapi, peredaran miras ini juga masalah yang harus dipecahkan," jelas Kapolres Manokwari, Ricko Taruna Mauruh, Rabu (26/6/2013).

Dirincikan, miras yang dimusnahkan ini terdiri atas 2.500 liter miras jenis Cap Tikus (miras lokal) dan empat karton anggur. Jika dirupiahkan, minuman haram tersebut mencapai ratusan juta rupiah. Semuanya merupakan hasil tangkapan saat operasi pekat yang digelar sejak Januari lalu.

Menurutnya, modus baru yang sering dilakukan pemasok miras ke Manokwari adalah dengan menyimpan miras ke dalam tas bawaan penumpang. Namun, barang tersebut dibawa buruh saat turun dari kapal.

Bisnis miras di daerah ini memang menggiurkan. Pasalnya, harga pasaran bisa mencapai dua kali lipat dari harga biasa. Apalagi, Manokwari juga memberlakukan Peraturan Daerah no 5 tentang pelarangan miras tahun 2006. Pemusnahan ini digelar dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara, tanggal 1 Juli mendatang.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6392 seconds (0.1#10.140)