Amankan Puncak Jaya, pasukan Raider dikerahkan

Rabu, 26 Juni 2013 - 07:30 WIB
Amankan Puncak Jaya, pasukan Raider dikerahkan
Amankan Puncak Jaya, pasukan Raider dikerahkan
A A A
Sindonews.com - Pasukan dari Batalyon Infantri (Yonif) 751 Raider Kodam XVII Cendrawasih hari ini, Rabu 26 Juni 2013 diberangkatkan ke Illu, Puncak Jaya, Papua untuk memberikan pengamanan pasca penembakan hingga tewas satu orang anggota Kopassus.

Pasukan itu juga bergabung melakukan pelacakan dan pengejaran terhadap para pelaku penembakan yang diduga sebanyak tujuh orang.

Komandan Kodim Wamena Letkol Inf Yusuf Sampetoding mengatakan, untuk mengantisipasi adanya serangan susulan pengamanan TNI terus ditingkatkan.

Mengenai siapa pelaku penembakan itu, pihaknya belum bisa memastikan. Namun dugaan sementara adalah Gerakan Pengacau Kemanan (GPK) ataupun Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Sebelumnya, Komandan Pos (Dan Pos) Kopassus, Illu, Puncak Jaya, Papua, Letda Inf Wayan tewas setelah ditembak orang tak dikenal.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, saat itu, korban sedang melakukan perjalanan dari Ilu menuju Kebun Anggur, Papua. Saat kejadian, korban ditemani sopirnya bernama Tono dengan menggunakan mobil.

"Posisinya korban berada di dalam mobil, tapi kami juga belum bisa memastikan secara rinci," jelas Dandim Wamena Letkol Inf. Yusuf Sampetoding, Selasa 25 Juni 2013.

Atas kejadian tersebut, lanjut Yusuf, pihaknya langsung memberlakukan siaga satu. Rencananya, korban akan langsung dibawa kerumah duka di Sentani.

"Jenasah korban akan kita bawa melalui jalur darat, karena tidak ada bandara dan lapangan terbang di Wamena," lanjut Yusuf.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8620 seconds (0.1#10.140)