Minim promosi, pameran buku Kulonprogo sepi

Selasa, 25 Juni 2013 - 14:58 WIB
Minim promosi, pameran buku Kulonprogo sepi
Minim promosi, pameran buku Kulonprogo sepi
A A A
Sindonews.com – Pameran buku Kulonprogo yang berlangsung sejak Senin 24 Juni 2013, sepi pengunjung. Akibatnya transasksi penjualan buku sangat minim. Ini terjadi karena promosi untuk acara yang terbilang sangat kurang.

Anta (30), penjaga stand Galang Press mengaku, hari pertama pameran berlangsung sepi. Bahkan target transaksi Rp1,5 juta setiap hari meleset. Di hari pertama, standnya hanya mampu mencatat transaksi tidak sampai Rp300 ribu.

“Ini pertama kali kami mengalami pameran buku sepi seperti ini. Biasanya target kita sehari Rp1,5 juta. Kemarin di hari pertama saja tidak sampai Rp300 ribu. Padahal, itungannya kemarin banyak tamu yang datang,” kata Anta, Selasa (25/6/2013).

Dia menduga, kondisi ini disebabkan karena minimnya promosi. Positioning tempat juga tidak mencerminkan ada acara di tempat tersebut.

“Kemarin jam 7 malam sudah sepi, padahal hari pertama. Awalnya jam 7 mau tutup, karena di depan sudah gelap. Tapi kasihan akhirnya baru ditutup jam 9,” terangnya.

Senada, disampaikan Ferry Ferdianto (29), penjaga stand Media Pressindo. Menurutnya, dalam dua hari ini, standnya hanya mampu menjual tidak sampai 100 eksemplar buku. Padahal harga yang ditawarkan cukup murah mulai Rp5-100 ribu. “Diskon 30-80 persen. Kalau dibandingkan dengan Yogya, sangat jauh,” katanya.

Tri Widiastuti, guru SMPN 3 Sentolo mengaku, tidak ada surat edaran maupun instruksi kepada sekolah untuk mengunjungi pameran buku. Padahal, menurut dia, edaran atau pemberitahuan akan mendorong sekolah menganjurkan siswa mengunjungi pameran.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3610 seconds (0.1#10.140)