Orang kaya di Kulonprogo terima jatah raskin

Senin, 24 Juni 2013 - 16:51 WIB
Orang kaya di Kulonprogo terima jatah raskin
Orang kaya di Kulonprogo terima jatah raskin
A A A
Sindonews.com – Distribusi raskin di Kulonprogo, ternyata masih ada yang belum tepat sasaran. Di Dusun Bonosoro, Bumirejo, Lendah, tercatat 24 penerima raskin merupakan orang mampu dan kaya. Namun, jumlahnya diduga lebih dari angka tersebut.

Camat Lendah Sumiran mengatakan, pihaknya sudah membentuk tim untuk menertibkan raskin yang tidak tepat sasaran. Penertiban dilakukan kecamatan untuk menghindari benturan antara kepala dusun dengan warga.

“Kami cek ke lapangan ternyata banyak warga yang rumahnya masih gedek (anyaman bambu), tapi tidak dapat. Sedangkan yang punya mobil dan rumah bagus, bahkan punya tiga rumah, malah dapat. Kalau dibiarkan, berarti kita membiarkan hak-hak orang miskin dirampas,” kata Sumiran, Senin (24/6/2013).

Menurut dia, penertiban menghasilkan 24 penerima yang tidak tepat sasaran. Dia meyakini, masih banyak kasus serupa di dusun lain, karena tim penertiban tingkat kecamatan baru mengambil sampel di Dusun Bonosoro saja. Padahal, di Kecamatan Lendah, ada 62 dusun.

Untuk itu, pihaknya meminta kepala dusun untuk mengumpulkan data penerima raskin yang tidak tepat sasaran. Data itu akan ditindaklanjuti tim kecamatan dengan menyurvei, baik yang akan diganti maupun calon penerima yang akan menggantikan.

Terkait BLSM, dia mengaku belum mengetahui sasaran penerimanya. Namun dia khawatir juga akan salah sasaran.

“Apakah penerima BLSM sama dengan penerima raskin, kami belum tahu. Saya khawatir kalau belum ditertibkan penerima raskin, otomatis orang kaya tetap dapat yang miskin malah tidak dapat,” terangnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7632 seconds (0.1#10.140)