Cuaca ekstrim pasien ISPA meningkat

Jum'at, 21 Juni 2013 - 19:33 WIB
Cuaca ekstrim pasien ISPA meningkat
Cuaca ekstrim pasien ISPA meningkat
A A A
Sindonews.com - Pelayanan pasien rawat jalan khusus penyakit Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di RSUD Empatlawang, Sumatera Selatan, akhir-akhir ini mengalami peningkatan.

Menurut Plt Direktur RSUD Empatlawang Desi Yusniati, salah satu yang menjadi penyebab adalah faktor cuaca ekstrim yang sudah masuk kategori kemarau. Pasien yang datang berobat keluhanya rata-rata sama yaitu mengalami batuk dan flu serta beberapa diantaranya sesak nafas.

“Benar, memang ada peningkatan jumlah pasien yang memeriksakan diri, hanya saja mereka sifatnya hanya berobat jalan dan tidak dirawat inap,” ujarnya di kantornya, Jumat (21/6/2013).

Sedangkan kategori usia menurutnya beragam, dari anak-anak hingga dewasa baik laki-laki dan perempuan. Pihaknya pun mengantisipasi hal tersebut dengan menyediakan stok obat dan paramedis untuk melayani para pasien tersebut.

“Kesimpulan kami, gajala tersebut timbul karena faktor cuaca, dimana saat ini sudah tergolong ektrim dan berdampak kepada ketahanan tubuh,”ujarnya.

Pihaknya meminta kepada para pasien termasuk keluarga yang mengantar berobat untuk menjaga stamina diantaranya dengan mencukupi asupan gizi dan vitamin serta memperbanyak mengonsumsi air putih.

“Kita berikan obat dan kita anjurkan itu tadi, bukan hanya untuk para pasien namun umumnya kepada masyarakat,”jelasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5406 seconds (0.1#10.140)