Gelombang laut Pantura di 4 wilayah tinggi

Jum'at, 21 Juni 2013 - 09:23 WIB
Gelombang laut Pantura di 4 wilayah tinggi
Gelombang laut Pantura di 4 wilayah tinggi
A A A
Sindonews.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tegal merilis ketinggian ombak di laut Pantai Utara (Pantura) Jawa lebih tinggi dari biasanya. Diperkirakan mencapai sekira 1,5 meter pada, hari ini, Jumat (21/6/2013). Ketinggian ombak itu diperkirakan terjadi di Brebes, Tegal, Pekalongan hingga Batang.

Prakirawan Stasiun Meteorologi BMKG Tegal Laylya Isnaeni dalam rilisnya menyatakan, tinggi gelombang di laut Jawa berkisar antara 0.25 - 1.5 meter. "Gelombangnya tinggi," katanya di Tegal.

Hal ini disebabkan adanya daerah tekanan rendah di Samudera Pasifik atau sebelah utara Papua dan daerah tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah Barat Daya Jawa Barat.

Pumpunan angin memanjang dari Bali hingga Samudera Hindia sebelah Selatan Jawa Tengah serta dari Papua bagian Utara, hingga Maluku Utara.

Kondisi tersebut mendukung peningkatan aktivitas pertumbuhan awan - awan hujan di wilayah Sumatera bagian Utara dan Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Sedangkan kondisi cuaca di Pantura umumnya berawan - hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada siang - malam hari. "Angin bertiup dari Utara - Timur dengan kecepatan 05 - 30 km/jam."
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5025 seconds (0.1#10.140)