Petugas tewas, warga diimbau waspadai anjing liar

Kamis, 20 Juni 2013 - 15:23 WIB
Petugas tewas, warga diimbau waspadai anjing liar
Petugas tewas, warga diimbau waspadai anjing liar
A A A
Sindonews.com – Tewasnya petugas lapangan Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (Disnakala) Kabupaten Garut akibat gigitan anjing rabies membuat Disnakala perlu mengimbau warga agar mewaspadai anjing liar.

Warga di Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut, diimbau untuk mewaspadai serangan anjing rabies.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan (Kasi Keswan) Disnakanla Garut Dyah Savitri mengatakan, imbauan tersebut merupakan salah satu langkah untuk antisipasi jatuhnya korban rabies dari warga.

“Kami sudah menelusuri lokasi tempat dimana petugas kami digigit anjing rabies. Tapi kami belum bisa memastikan anjing mana yang menggigitnya,” kata Dyah Kamis (20/6/2013).

Menurut dia, kasus gigitan anjing rabies di Kecamatan Cigedug baru kali ini terjadi. Sebab, kasus serupa yang menimbulkan korban jiwa sebelumnya juga terjadi di Kecamatan Cisurupan pada 2009 silam dan Kecamatan Bungbulang di 2012 lalu.

“Kasus ini baru pertama kali terjadi untuk wilayah Kecamatan Cigedug. Kami harus melakukan operasi pemberian vaksin kembali di daerah itu (Cigedug),” ujarnya.

Seperti diketahui, petugas lapangan Disnakanla Kabupaten Garut, Ineu Kurniawan, tewas setelah digigit anjing rabies. Ineu yang sehari-hari bekerja di wilayah Kecamatan Cigedug dan Bayongbong ini digigit anjing saat menjalankan tugasnya melakukan pemeriksaan pada sejumlah hewan liar di kawasan Kecamatan Cigedug.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.1018 seconds (0.1#10.140)