Distribusi E-KTP Kabupaten Blitar amburadul

Rabu, 19 Juni 2013 - 18:36 WIB
Distribusi E-KTP Kabupaten Blitar amburadul
Distribusi E-KTP Kabupaten Blitar amburadul
A A A
Sindonews.com - Distribusi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di Kabupaten Blitar berlangsung amburadul. Dari 620 ribu keping EKTP, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) hingga kini hanya bisa membagikan 194 ribu keping. Sebab, tidak seluruh data penerima E-KTP sudah teraktivasi.

“Ini setelah banyak penerima yang tidak bisa melakukan aktivasi di petugas yang ditunjuk,“ ujar Kepala Bidang Pendaftaran dan Proyeksi Penduduk Dispendukcapil, Kabupaten Blitar Anggo Takdir Hanuji kepada wartawan, Rabu (19/6/2013).

Secara teknis, proses aktivasi dilakukan dengan cara membubuhkan tanda tangan termasuk melakukan pemindaian ulang sidik jari.

Fakta yang terjadi dilapangan “Registrasi” yang dilakukan sejumlah warga tidak bisa masuk ke dalam sistem komputerisasi. Sidik jari dan tanda tangan tidak sama dengan data yang ada. Akibatnya, E KTP yang bersangkutan tidak bisa dibagikan.

Menurut Anggo, adanya problem dadakan tersebut, pihaknya langsung menyurati pemerintah pusat. Intinya mempertanyakan penyebab gagalnya aktivasi sejumlah E-KTP di Kabupaten Blitar.

“Jawaban pusat, ternyata memang belum semua database diaktivasi oleh pusat. Hingga saat ini yang sudah ditangani pusat baru 356.727 keping. Karenanya kami berharap warga yang belum bisa menerima E-KTP untuk bersabar menunggu,“ jelasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5344 seconds (0.1#10.140)