Pulang demo bertemu Brimob, mahasiswa bentrok

Rabu, 19 Juni 2013 - 18:29 WIB
Pulang demo bertemu Brimob, mahasiswa bentrok
Pulang demo bertemu Brimob, mahasiswa bentrok
A A A
Sindonews.com - Aksi demonstrasi ratusan mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Sulawesi Selatan yang menuntut Kapolda Sulsel minta maaf ricuh. Kericuhan terjadi saat mahasiswa usai berdemo di Mapolda Sulsel.

Awalnya aksi demo di halaman Mapolda Sulsel berlangsung aman, Rabu (19/6/2013). Ratusan mahasiswa Unismuh Makassar ini menuntut Kapolda Sulsel, Irjen pol Burhanuddin Andi meminta maaf dan bertanggungjawab terkait pengrusakan kampus mereka.

Dibawah pengamanan ketat petugas polsi, mahasiswa menyampaikan tuntutannya dengan tertib. Usai menyampaikan aspirasinya, mahasiswa berjalan pulang ke kampus mereka. Belum jauh meninggalkan Mapolda, rombongan mahasiswa bertemu rombongan anggota Brimob Polda Sulsel yang habis bertugas.

Entah siapa yang memulai, terjadi saling ejek diantara kedua kubu. Bentrok pecah setelah salahsatu mahasiswa memukul mobil yang membawa rombongan anggota Brimob ini.

Tak terima, sejumlah anggota Brimob turun dan mengejar mahasiswa. Aksi kejar-kejaran berujung pada aksi saling lempar batu di Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar.

Polisi membalas lemparan batu dengan melepaskan tembakan gas air mata untuk memukul mundur mahasiswa yang terus melakukan aksi pelemparan. Sejumlah kendaraan sepeda motor milik mahasiswa sempat dirusak petugas.

Sedangkan anggota Brimob lainnya terus mengejar para mahasiswa. Sejumlah mahasiswa yang tertangkap kemudian diamankan.

Setengah jam saling berhadapan dan saling lempar batu, kedua pihak akhirnya sepakat untuk berdamai setelah mahasiswa yang ditangkap dilepas. Ratusan mahasiswa ini kemudian membubarkan diri kembali ke kampusnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6088 seconds (0.1#10.140)