Ribuan hektare kebun sawit ikut terbakar

Selasa, 18 Juni 2013 - 14:41 WIB
Ribuan hektare kebun sawit ikut terbakar
Ribuan hektare kebun sawit ikut terbakar
A A A
Sindonews.com - Tidak hanya hutan, ternyata ribuan hektare lahan perkebunan kelapa sawit milik warga Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau, ikut ludes terbakar. Kebakaran ini sudah berlangsung selama tiga hari.

Diduga kebakaran tersebut disengaja oleh para pengelola pembuka lahan perkebunan milik Pemerintah Kabupaten Pelalawan yang diperuntukan kepada masyarakat seluas 2,25 juta hektare.

Saat ini tidak ada upaya pemadaman oleh pihak terkait. Akibatnya beberapa wilayah Provinsi Riau diselimuti kabut asap.

Kobaran api terlihat membakar lahan dan perkebunan kelapa sawit milik masyarakat Desa Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau. Angin yang bertiup dengan kencang membuat kawasan hutan gambut di lahan kelapa sawit ikut terbakar.

Anggota Koperasi Perkebunan Sawit Desa Teluk Meranti, Syamsidar menuding ada oknum pemerintah yang melakukan pembakaran hutan untuk membuka lahan rakyat.

"(Kebakaran) Ini ulah pengelola pembuka lahan perkebunan milik Pemerintah Kabupaten Pelalawan. Para pengelola ini sengaja membakar lahan untuk membersihkan lahan yang akan ditanami kelapa sawit seluas 2,25 juta hektare," terangnya, Selasa (18/6/2013).

Akibat kebakaran hutan ini, kabut asap dilaporkan menyelimuti sejumlah wilayah di Riau.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3144 seconds (0.1#10.140)