Kodim dan warga kerjasama garap lahan tidur

Kamis, 13 Juni 2013 - 15:08 WIB
Kodim dan warga kerjasama garap lahan tidur
Kodim dan warga kerjasama garap lahan tidur
A A A
Sindonews.com - Untuk memaksimalkan potensi lahan yang ada, Komando Daerah Militer (Kodim) 1422 Maros dan warga Kabupaten Maros bekerjasama memanfaatkan sejumlah lahan tidur.

Komandan Kodim 1422, Letkol CZi Basuki Sabdono menuturkan, penggarapan lahan tidur tersebut merupakan langkah baru yang diterapkan oleh seluruh Danramil yang ada di Maros.

Selama ini kata Basuki, masih banyak lahan kosong yang tidak dimanfaatkan pemiliknya. Padahal lahan tersebut sangat berpotensial menghasilkan tanaman pertanian. Karenanya Kodim berinsiatif untuk memanfaatkannya menjadi lahan yang berpotensi dan menghasilkan.

"Pengolahan lahan tidur ini merupakan instruksi dari kodam dan Gubernur Sulsel, yang meminta untuk setiap Babinsa mencari lahan tidur dan memanfaatkannya," jelasnya kepada wartawan, Kamis (13/6/2013).

Dia menambahkan, untuk wilayah Maros sedikitnya sekira 20 hektare lahan tidur telah dikelola menjadi lahan berpotensial.

Sementara itu Danramil Lau Kapten Inf Rudi menyebutkan, beberapa tanaman yang ditanam di lahan itu berupa, sayur bayam, lombok, kacang, dan jagung. Nantinya kata Rudi, hasil dari tanaman ini akan dijual ke pasar, dan sebagian lagi digunakan oleh petani yang mengelola.

Ditemui di tempat yang sama, Ketua Gapoktan lingkungan Kassibaru, Kelurahan Pettuadae Kecamatan Turikale, Ilyas menyebutkan, dari lahan tidur yang dibuka TNI memiliki potensi panen yang cukup baik.

Khusus untuk tanaman cabe dengan 10 are mampu menghasilkan sekitar 100 kg cabe merah. Dia menargetkan, tanaman cabenya akan dipanen pada saat menjelang lebaran mendatang.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9867 seconds (0.1#10.140)