Pengentasan DBD di Bone menurun, pasien RSUD melonjak

Rabu, 05 Juni 2013 - 14:44 WIB
Pengentasan DBD di Bone...
Pengentasan DBD di Bone menurun, pasien RSUD melonjak
A A A
Sindonews.com - Program fogging pengentasan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bone mengalami penurunan. Pasalnya, petugas Dinkes mengeluhkan kurangnya anggaran untuk biaya operasional.

Ironisnya, angka pasien DBD di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tenriawaru Watampone setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Berdasarkan data di RSUD Tenriawaru Watampone, angka DBD setiap tahunnya mengalami peningkatan. Di tahun 2011 pasien DBD rawat inap sebanyak 251 orang, tahun 2012 naik menjadi 637 orang sedangkan ditahun 2013 Januari- Mei tercatat 300 pasien.

Bahkan dalam urutan 10 penyakit terbesar di RSUD Tenriawaru, penyakit DBD peringkat teratas dari penyakit diurutan kedua seperti TB Paru-paru.

Staf P2M Dinas Kesehatan Kabupaten Bone, Bustang, S KM, mengatakan banyaknya laporan dari warga yang meminta untuk di fogging dirumahnya. Namun karena terkendala biaya hingga hanya prioritas fogging dilakukan jika ada warga masuk di Rumah Sakit yang rawat inap atau meninggal dunia.

Dikatakan, tidak kurang dari 5 anak yang meninggal karena penyakit DBD ini yang terjadi sejak tahun 2013. Anggaran untuk fogging yang digunakan selama ini hanyalah pinjaman untuk menutupi kekurangan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

"Kita kekurangan dana, padahal program ini sangat prioritas agar masyarakat tidak terjangkit penyakit DBD ini. Dulunya setiap hari kita turun di desa-desa tapi sekarang hanya prioritas," ujar Bustang diruang kerjanya, Rabu, (5/6/2013).

Sementara itu, Humas RSUD Tenriawaru Watampone, Ramli SH, mengatakan masuknya pasien DBD adalah rujukan dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Sehingga upaya pencegahan penyakit ini tidak lain sebagai upaya dinkes untuk melakukan sosialisasi dan pencegahan.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4426 seconds (0.1#10.140)