Ada peringatan KAA, hindari jalan ini

Kamis, 18 April 2013 - 10:28 WIB
Ada peringatan KAA, hindari jalan ini
Ada peringatan KAA, hindari jalan ini
A A A
Sindonews.com - Sejumlah jalan di sekitar Gedung Asia-Afrika ditutup terhitung mulai hari ini dan besok. Selain Jalan Asia-Afrika, sejumlah jalan lain juga ditutup. Petugas sudah menyiapkan jalur untuk para pengguna jalan.

Jalan yang ditutup yakni Jalan Asia Afrika - Cikapundung Timur, Jalan Cikapundung - Jalan ABC, Jalan Naripan - Jalan Tamblong.

Sistem buka tutup diberlakukan untuk mengatur masuknya ke-106 negara peserta. Tepat pukul 08.00, Jalan Asia Afrika ditutup total sekitar 20 menit untuk menghormati penaikan bendera negara-negara peserta di depan Gedung Merdeka atau lokasi KAA.

"Untuk parkir pasukan peserta upacara pembukaan Konferensi Asia-Afrika disiapkan di Cikapundung Barat. Kemudian di pelataran parkir Palaguna, lalu Jalan Naripan depan BJB yang ada di lajur kanan dari arah Jalan ABC. Untuk Jalan Braga, itu dikosongkan nantinya akan digunakan parade upacara pembukaan," ujar Kabag Ops Polrestabes Bandung AKBP Diki Budiman didampingi Kaur Bin Ops Satlantas Polrestabes Bandung AKP Nada Achmaddia di Mapolrestabes Bandung, dalam rilisnya, Kamis (18/4/2013).

Pada saat kedatangan atau penaikan bendera peserta KAA, ketika akan dimulai di Jalan Asia Afrika - Tamblong, polisi akan mengalihkan arus kendaraan ke Jalan Lengkong Besar - Jalan Lengkong Kecil masuk ke Jalan Dalem Kaum. Jalan tersebut pada hari biasa hanya berlaku satu arah, namun kali ini akan diberlakukan dua arah.

Pada hari biasa, Jalan Dalem Kaum satu arah menuju Jalan Lengkong Kecil - Lengkong Besar. Saat prosesi penaikan bendera, kendaraan dari arah Jalan Tamblong - Asia Afrika menggunakan lajur kanan dari arah Jalan Lengkong Kecil - Jalan Lengkong Besar untuk menuju arah Alun-alun dan keluar ke Jalan Asia Afrika terus menuju ke Jalan Sudirman.

Begitupun, dari arah Jalan Dewi Sartika menuju arah Jalan Lengkong Besar / Kiri menggunakan lajur kanan saja yang akan dibatasi oleh pembatas jalan atau cone.

"Penutupan dan pengalihan arus itu diperkirakan 20 menit, lalu akan dibuka kembali," terangnya.

Kemudian persiapan penutupan Jalan ABC - Banceuy. Setelah ditutup Banceuy, persiapan parade dimulai dari Cikapundung Timur. Itu selama satu jam, pukul 09.00-10.00 Wib. Parade memasuki jalan ABC - Cikapundung Utara - Braga Kecil - Asia Afrika kembali ke Cikapundung Timur. Setelah satu jam selesai parade, jalan akan dibuka kembali.

Rangkaian parade saat memasuki Jalan ABC - Naripan, polisi akan mengalihkan arus kendaraan menuju Jalan Suniaraja. Pada saat 'kepala' iring-iringan parade memasuki Apotek Kimia Farma (Jalan Asia Afrika), polisi akan menutup Jalan Asia Afrika. Arus kendaraan di Jalan Tamblong - Jalan Asia Afrika akan kembali dialihkan melalui Jalan Lengkong Besar - Jalan Lengkong Kecil.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3911 seconds (0.1#10.140)