Lele antarkan pemuda desa jadi jutawan

Rabu, 17 April 2013 - 14:07 WIB
Lele antarkan pemuda desa jadi jutawan
Lele antarkan pemuda desa jadi jutawan
A A A
JANGAN pernah memandang sebelah mataterhadap segala jenis usaha yang tampaknya sepele. sebab bila ditekuni, usaha yang sepele-pun ternyata juga bisa memberi hasil yang menjanjikan.

Seperti yang di alami seorang pemuda di Jombang, Jawa Timur, meski awalnya terpaksa karena tidak punya pekerjaan, hanya dengan beternak lele, pemuda tersebut kini menjadi jutawan.

Di area peternakan lele seluas lebih dari dua hektare, sehari-hari Agus Efendi (35) pemuda Desa Sukopinggir, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur mampu meraup omzet hingga ratusan juta rupiah.

Agus mengaku, awalnya beternak lele merupakan usaha sambilan ayahnya yang sehari-hari bekerja sebagai petani. Dengan satu buah kolam lele kecil di halaman rumahnya, Agus melihat ayahnya begitu serius beternak lele.

Setelah tamat SMU dan ayahnya meninggal dunia, Agus tak tertarik meneruskan usaha ayahnya tersebut dan memilih bekerja sebagai karyawan di sebuah bank swasta di Kediri.

Namun karena tak tahan menjadi karyawan dengan hasil yang pas-pasan, Agus lantas keluar dan mencoba bertani, tapi hasil yang diperoleh ternyata juga tidak seberapa.

Melirik galian tanah bekas kolam lele ayahnya, Agus lantas mencoba beternak lele. Tak ingin profesi baru itu dianggap sebagai sambilan, Agus serius menekuni usaha ini dengan mencari dan menembus pasar kesana kemari.

Hasilnya, ternyata sangat luar biasa, Agus mendapatkan kepercayaan dari banyak pihak untuk menjadi penyedia bibit ikan lele. Sejak itu, usaha lele Agus kian berkembang dan pasarnya juga makin meluas hingga ke Kalimantan, Sulawesi, Sumatra, Bali, dan kota-kota besar lainnya.

Untuk memenuhi kebutuhan bibit lele pelanggan, Agus memperluas area budidaya lelenya hingga kini mencapai lebih dari dua hektare. Tak pelak, hasil yang bisa diraup pemuda dua anak inipun seperti tak pernah ia bayangkan sebelumnya, mencapai ratusan juta rupiah perbulan.

Sebuah hasil yang tentunya sangat fantastis untuk ukuran seorang pemuda desa yang masih berusia 35 tahun seperti Agus. Bahkan kesuksesan itu tak hanya ia nikmati sendiri, dengan usahanya ini Agus juga bisa membuka lapangan kerja bagi puluhan pemuda di desanya.

Kini, Agus-pun baru menyadari bahwa apapun jenis usaha yang kita punya hendaknya tidak kita pandang sebelah mata. Sebab bila ditekuni dan didalami ternyata juga bisa memberi hasil yang luar biasa.

Agus menambahkan, usahanya bisa menjadi besar seperti sekarang bukan berarti ia tak pernah rugi. Dia mengakui beberapakali bangkrut karena banyak lelenya yang mati.

Namun berkat kegigihannya mencari solusi atas segala masalah dibidang lele/ Agus pun dapat kembali bangkit.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8736 seconds (0.1#10.140)