Imigrasi amankan imigran Rohingnya dari Ponpes

Senin, 15 April 2013 - 12:04 WIB
Imigrasi amankan imigran Rohingnya dari Ponpes
Imigrasi amankan imigran Rohingnya dari Ponpes
A A A
Sindonews.com - Pemkab dan Polres Banyuwangi mengirim para imigran gelap asal Rohingnya Myanmar ke Kantor Imigrasi Jember. Sebelumnya, puluhan imigran ini diamankan dari sebuah pondok pesantren (ponpes) di Jember.

Kepala Imigrasi Jember Mujiantoro mengatakan, pihaknya masih melakukan pendataan terhadap 55 imigran diantaranya anak-anak dan ibu hamil.

Puluhan imigran gelap dari etnis Rohingya asal Myanmar itu diamankan dari sebuah Ponpes Nahdlotul Khodirin di Desa Barurejo Kecamatan Siliragung. Mereka sejak kemarin ditempatkan di Gedung Pramuka GOR Banyuwangi.

"Para imigran masih kita data, kita belum tahu apakah semua akan diinapkan di Imigrasi atau tidak, sebab rumah detensi di Jatim semua sudah penuh," kata Mujiantoro, Senin (15/4/2013).

Sedangkan Kabag Ops Polres Banyuwangi Kompol Sujarwo dan polisi turut melakukan pengawalan keberangkatan imigran ke Kantor Imigrasi Jember.

"Polisi sudah menetapkan empat tersangka sebagai tekong yang turut mengantarkan para imigran itu dari Malaysia, Medan, Jakarta, kemudian sampai di Banyuwangi," kata Sujarwo.

Selama di Banyuwangi, pihak Pemkab menjamin bantuan kemanusiaan hingga para imigran tersebut meninggalkan Banyuwangi. Pihaknya juga tengah berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi baik di Jember maupun Surabaya untuk penanganan imigran selanjutnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8250 seconds (0.1#10.140)