Ingin lulus UN, ratusan siswa mandi kembang

Sabtu, 13 April 2013 - 05:08 WIB
Ingin lulus UN, ratusan siswa mandi kembang
Ingin lulus UN, ratusan siswa mandi kembang
A A A
Sindonews.com - Ada cara jitu agar siswa peserta Ujian Nasional (UN) merasa yakin bisa lulus dengan mendapatkan hasil yang baik. Para siswa siswi diminta mengikuti ritual 'mandi kembang' secara bersama-sama.

Prosesi 'mandi kembang' tidak dengan cara mengguyur tubuhnya dengan air bercampur kembang. Tak lain hanya dengan membasuh tangan dan wajahnya dengan air kembang dalam sebuah bak mandi. 'Mandi kembang' ini sebagai penutup rangkaian doa bersama yang dilakukan siswa kelas XII SMKN 1 Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Dengan sugesti ini, diharapkan menjadi dorongan semangat bahwa mereka mampu melalui ujian akhir tanpa ada aral dan rintangan. Sugesti 'mandi kembang' ini juga sebagai upaya menyiapkan mental spiritual siswa dalam menghadapi UN.

Sebanyak 439 siswa kelas XII, secara bergantian membasuh tangan dan muka, dengan menggunakan air kembang yang sudah dipersiapkan di bak mandi ukuran besar.

Ritual itu dilakukan setelah semua murid selesai berdoa bersama dan bersalaman dengan kepala sekolah beserta para guru.

Kepala SMKN 1 Bangil, Achmad Yusuf, mengatakan, ritual membasuh tangan dan wajah dengan menggunakan air kembang hanyalah bersifat pelengkap saja. Menurutnya, tidak ada unsur mistis yang terkandung di dalam ritual tersebut.

"Tidak ada salahnya mencuci tangan dengan air kembang. Yang pasti, kami berharap anak-anak dapat mengerjakan soal UN dengan tenang, lancar dan mendapatkan hasil yang baik. Semoga dengan mencuci tangan dan wajah ini, mereka menjadi rilek dan tidak stres," kata Achmad Yusuf.

Seeorang siswi, Yati Octavia, mengaku antusias untuk mengikuti ritual 'mandi kembang'. Namun ia berkeyakinan bahwa, ritual macam apapun tidak akan mempengaruhi hasil akhir dari evaluasi proses belajar. Karena penentu hasil UN itu adalah kesiapan fisik dan mental dari masing-masing siswa.

"Membasuh tangan dan wajah dengan air kembang membuat wajah menjadi segar. Wangi kembang ini menjadi penyemangat agar kami giat belajar dan dapat mengerjakan soal-soal UN," kata Yati Octavia.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9233 seconds (0.1#10.140)
pixels