Punker di Blitar diburu Satpol PP

Senin, 08 April 2013 - 17:43 WIB
Punker di Blitar diburu Satpol PP
Punker di Blitar diburu Satpol PP
A A A
Sindonews.com - Satuan Polisi Pamong Praja Pemerintah Kota Blitar menangkapi sekelompok anak muda yang teridentifikasi sebagai komunitas punk.

Karena alasan mengotori keindahan kota dan sudah meresahkan masyarakat, para pemuda dengan gaya rambut skin head serta berspiritkan “be your self” itu digelandang paksa.

“Kita tertibkan anak-anak punk yang banyak bertebaran di Kota Blitar ini,“ ujar Kepala Satpol PP Kota Blitar Hadi Maskun, Senin (8/4/2013).

Selain di perempatan traffic light, para punker ini banyak dijumpai di berbagai sudut perkotaan. Dari aksesoris gitar yang selalu dibawa kemana-mana, kebutuhan hidup mereka sepenuhnya dipenuhi dengan cara mengamen.

“Dan tidak sedikit masyarakat yang merasa terganggu dengan keberadaan mereka ini,“ terangnya.

Dalam razia yang digelar secara marathon, setiap hari Satpol PP sedikitnya menangkap 5-6 orang punker. Selain diidentifikasi, mereka juga diberi pengarahan serta pembinaan untuk tidak kembali ke jalan raya.

“Sebagian besar berasal dari luar kota, seperti Malang, Kediri dan Surabaya. Rata-rata mereka datang dengan melalui kereta api. Karennaya setelah dibina semuanya dipulangkan ke tempat asal masing-masing, “ jelasnya.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua DPRD Kota Blitar Syaiful Maarif berharap perlakuan yang diberikan Pemkot Blitar tetap harus berlandaskan kemanusiaan. Sebab sesuai dengan perundangan, keberadaan anak terlantar menjadi tanggung jawab dari negara.

“Sementara mereka ini merupakan generasi muda yang harus juga diselamatkan masa depanya. Karenanya perlakuan yang diberikan harus manusiawi,“ ujarnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.7223 seconds (0.1#10.140)