Tes kesehatan, caleg ngeluh biaya

Senin, 08 April 2013 - 12:13 WIB
Tes kesehatan, caleg ngeluh biaya
Tes kesehatan, caleg ngeluh biaya
A A A
Sindonews.com - Mahalnya biaya rumah sakit tak hanya dikeluhkan warga miskin, sejumlah calon legislatif (caleg) yang harus menjalani tes kesehatan untuk melengkapi berkas untuk maju juga mengeluhkan hal yang sama.

Sejumlah caleg yang akan melaksanakan tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Soewondo, Kendal terkejut ketika rumah sakit mengumumkan biaya tes kesehatan yang naik 100 persen menjadi Rp750 ribu. Apalagi pemberitahuan itu dilakukan secara mendadak.

Sebelumnya, ada kesepakatan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal biaya tes kesehatan berkisar Rp300 ribu-Rp400 ribu. Namun muncul surat pemberitahuan, jika biaya tes kesehatan naik menjadi Rp750 ribu.

Prapto Utono salah satu caleg mengaku, biaya yang dikenakan kepada peserta ini terlalu tinggi. Banyak diantara caleg yang tidak siap, karena pemberitahuan kenaikan biaya mendadak.

Sementara, Humas RSU Soewondo Kendal Endang Setyorini mengatakan, biaya tes kesehatan sudah ditetapkan melalui peraturan daerah.

"Biaya tes kesehatan sudah sesuai ketentuan," katanya ketika dihubungi, Senin (8/4/2013).

Tes kesehatan ini, meliputi tes psikologi, medikal cek up lengkap hingga pemeriksaan fisik.

Pelaksanaan tes sendiri dilakukan secara bertahap, sesuai dengan partai politik. Umumnya setiap partai politik, mengirimkan 45 orang caleg.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7090 seconds (0.1#10.140)