Ribuan warga mengungsi akibat letusan Gunung Rokatenda

Minggu, 07 April 2013 - 21:04 WIB
Ribuan warga mengungsi akibat letusan Gunung Rokatenda
Ribuan warga mengungsi akibat letusan Gunung Rokatenda
A A A
Sindonews.com - Dampak letusan Gunung Rokatenda, di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mengancam nyawa serta harta benda milik warga, menyebabkan ribuan warga lainnya terpaksa mengungsi ke wilayah yang lebih aman.

Selain di Wilayah Sikka, ada juga sebagian besar warga korban Letusan Rokatenda mengungsi ke Kabupaten terdekat yakni Wilayah Ropa di Kabupaten Ende, NTT.

"Data lengkapnya ada di kantor tetapi kira-kira sudah mencapai 3200-an jiwa," Jelas Bakri Kari, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sikka, NTT, saat dihubungi via handpone selulernya, Minggu (7/4/2013).

Bakri enggan menyebutkan berapa titik kumpul ribuan warga yang telah mengungsi serta bagaimana kondisi terakhir para pengungsi tersebut.

Sementara itu dikabarkan sebagian warga desa Lei yang berada di dekat puncak Gunung Roka Tenda maupun warga Desa Nitung lea yang tepat berada di jalur muntahan lahar Rokatenda belum mengungsi lantaran akses jalan menuju kesana terputus, demikian Desa Waga uwa yang terletak di pesisir barat Palue.

Sekadar diketahui, letusan Gunung Rokatenda tak henti memuntahkan lava dan asap tebal sejak Bulan Oktober tahun 2012 silam, dan hingga kini masih terus menghantui keselamatan jiwa serta harta benda milik warga di Kabupaten Sikka.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5527 seconds (0.1#10.140)