Tanggapan Megawati soal bendera Aceh

Minggu, 07 April 2013 - 18:38 WIB
Tanggapan Megawati soal bendera Aceh
Tanggapan Megawati soal bendera Aceh
A A A
Sindonews.com - Polemik Qanun Aceh Nomor 3 Tahun 2013 tentang Bendera dan Lambang Daerah ditanggapi oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Menurutnya, tak ada bendera lain di tanah air ini, selain bendera Merah Putih.

"Masalah bendera menurut saya, bendera kita adalah Merah Putih. Tidak ada bendera lainnya. Aceh adalah bagian dari NKRI," ujarnya di sela-sela acara kejuaraan renang Taruna Merah Putih (TMP) Junior Sprint Open 2013 di Gelanggang Olahraga (GOR) Pertamina, Simprug, Jakarta Selatan, Minggu (7/4/2013).

Oleh karena itu, Presiden RI ke-5 ini meminta Pemerintah Daerah Aceh untuk bisa mengerti bahwa hukum di Indonesia memang demikian.

"Kalau ada bendera lainnya, menurut saya sebaiknya tidak diizinkan. Ini statement politik PDI Perjuangan. Bendera NKRI adalah Merah Putih," pungkasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Pemerintah Provinsi Aceh mulai 25 Maret lalu menetapkan bendera dan lambang daerah mereka. Perdebatan muncul setelah diketahui, bendera Provinsi Aceh menyerupai bendera milik Gerakan Aceh Merdeka (GAM), yakni berupa bulan bintang bergaris hitam putih.

Pemerintah Provinsi Aceh menyatakan bpenetapan lambang dan bendera ini sudah sesuai dengan aturan perundangan yang ada.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.6928 seconds (0.1#10.140)