DPR RI akan bentuk tim investigasi LP Cebongan

Kamis, 04 April 2013 - 15:37 WIB
DPR RI akan bentuk tim investigasi LP Cebongan
DPR RI akan bentuk tim investigasi LP Cebongan
A A A
Sindonews.com - Komisi III DPR RI akan segera berkoordinasi dengan Komisi I untuk membahas peristiwa eksekusi empat tahanan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) IIB Cebongan, Sleman.

Pembahasan tersebut nantinya bertujuan untuk membentuk tim Independen guna melakukan investigasi peristiwa tersebut.

Wakil Ketua Komisi III, Muzamil Yusuf mengatakan, tim Independen itu nantinya terdiri dari orang-orang yang netral, juga melibatkan pihak Polri dan pihak TNI AD.

"Pekan depan nanti kami akan berkoordinasi dengan Komisi I. Kita akan panggil Panglima TNI AD dan Kapolri, biarkan mereka memilih orang-orang yang kompeten. Jadi sipil juga bisa masuk dalam tim ini," kata dia, di LP Cebongan, Kamis (4/4/13) tadi.

Pembentukan tim Independen tersebut setelah pihaknya melakukan kunjungan di Lapas Cebongan, dan bertemu dengan Kapolda DIY, Kapolres Sleman, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham, Kepala Lapas Cebongan, Penjaga Lapas dan para tahanan yang menjadi saksi peristiwa tersebut.

"Jangan sampai (peristiwa) ini terkubur, karena ini catatan besar yang merupakan pelanggaran HAM berat. Sebab, peristiwa ini terjadi di lembaga milik negara yang harusnya bisa melindungi rakyatnya tapi gagal negara," katanya.

Sebagaimana yang diketahui, empat tahanan titipan Polda DIY dieksekusi gerombolan orang tidak dikenal pada Sabtu 26 Maret 2013, lalu.

Empat tahanan yang tewas tersebut bernama, Hendrik Angel Sahetapi alias Deki (31); Yohanes Juan Manbait (38); Gameliel Yermianto Rohi Riwu alias Adi (29); dan Adrianus Candra Galaja alias Dedi (33).

Keempatnya merupakan tersangka penganiayaan hingga menewaskan anggota TNI AD, Sertu Santoso, di Hugo's Cafe pada Selasa 19 Maret2013 lalu.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6536 seconds (0.1#10.140)