Banteng moncong putih belum usung cagub

Kamis, 04 April 2013 - 12:27 WIB
Banteng moncong putih belum usung cagub
Banteng moncong putih belum usung cagub
A A A
Sindonews.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memiliki kursi yang cukup untuk mengusung Pasangan calon pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2013 mendatang. Namun, parpol pemilik 17 Kursi di DPRD Jatim itu belum juga mengambil sikap.

Partai berlambang Banteng Moncong putih ini memastikan bakal mengusung kader internal. Tak mau gegabah dalam menentukan sikap, kemungkinan langkah yang diambil oleh PDIP dalam menentukan calon di Pilgub Jatim.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PDIP Jatim Suhandoyo memastikan bahwa partainya akan mengusung kader internal.

Sejumlah nama pun mulai muncul seperti Said Abdullah (Anggota DPR RI), Bukhori (Wali Kota Probolinggo) dan Sirmadji (Ketua DPD PDIP Jatim). Dari beberapa nama itu, kata Suhandoyo, dua nama yang terkuat yakni Said Abdullah dan Bukhori.

"Hasil survei, dua nama itu mendapat dukungan cukup banyak. Namun, semua keputusan kita serahkan ke DPP. Karena memang mekanismenya demikian," singkatnya, Kamis (4/4/2013).

Suhandoyo juga membenarkan, jika dua nama tersebut menguat ketika rapat pleno DPD PDIP Jatim minggu lalu.

"Buchori dan Said Abdullah yang memang kandidat kuat Cagub Jatim," tambahnya.

Sementara itu, sumber internal PDIP yang berhasil ditemui mengungkapkan, Minggu lalu seluruh pengurus DPD PDIP Jatim bersama perwakilan dari DPP PDIP melakukan pertemuan tertutup untuk agenda pemantapan caleg PDIP 2014 mendatang.

Di sela rapat tersebut juga dibahas finalisasi pasangan Cagub dan Cawagub yang akan diusung oleh Partai yang digawangi Megawati Seokarno Putri itu.

Dari sejumlah nama itu mengerucut Buchori dan Said Abdullah. "Dua nama itu teratas menduduki hasil survei," ungkap sumber yang menolak disebutkan namanya.

Sementara nama Bambang DH (Wakil Wali Kota Surabaya) yang disebut-sebut menjadi kandidat dari PDIP posisinya berada dibawah dari dua nama tersebut.

Semua keputusan ada di DPP. Tapi jika DPP tetap memaksakan Bambang DH sebagai Cagub atau Cawagub maka hampir dipastiak suara PDIP akan 'gembos'. Hampir semua DPC PDIP se-Jatim menolak figur Bambang DH ini.

"Yang jelas seluruh kader PDIP mendesak agar Cagub dan Cawagub adalah dari internal kader. Tujuannya adalah mendongkrak pencapaian suara PDIP dalam Pileg dan Pilpres mendatang," tukas salah satu pengurus PDIP ini.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4238 seconds (0.1#10.140)