Demo HMI tolak mutasi Kapolda ricuh

Selasa, 02 April 2013 - 17:57 WIB
Demo HMI tolak mutasi Kapolda ricuh
Demo HMI tolak mutasi Kapolda ricuh
A A A
Sindonews.com - Aksi unjuk rasa puluhan mahasiswa yang menolak mutasi Kapolda Maluku Utara (Malut) di Kantor Kepolisian Daerah (Polda Malut) di Kota Ternate, berlangsung ricuh. Sejumlah pengunjuk rasa terlibat saling dorong dan pukul dengan polisi.

Dalam aksi demo tersebut, puluhan mahasiswa mengatasnamakan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Ternate meminta agar Kapolri Jenderal Timur Pradopo tidak semena-mena melakukan mutasi terhadap Kapolda Malut Brigjen Pol Affan Richwanto.

Mahasiswa mengamuk dan membakar ban bekas di pintu utama kantor Polda, mereka juga membakar spanduk Irwasum Mabes Polri Komjen Fajar Prihantoro, Selasa (2/4/2013) sore.

Usai membakar ban bekas dan baliho Irwasum Mabes Polri, massa kemudian terlibat saling dorong dan saling pukul dengan polisi ketika mencoba masuk ke halaman kantor Polda. Tak hanya itu, massa juga membokade jalan utama di depan kantor Polda.

Dalam orasinya Kordinator Aksi Hairun Rizal meminta agar Kapolri Jendral Timur Pradopo meninjau ulang kebijakan mutas terhadap Brigjen Pol Affan Richwanto sebagai Kapolda Malut. Mereka juga menolak Brigjen Machfud Arifin yang menggantikan Affan sebagai Kapolda Malut.

Mereka menilai kinerja mantan Kapolda Malut Brigjen Pol Affan Richwanto berhasil karena serius dalam pemberantasan korupsi di Maluku Utara.

Pengunjuk rasa berjanji akan terus melakukan aksinya jika Kapolri tidak menarik surat keputusan mutasinya kepada Brigjen Pol Affan Richwanto sebagai Kapolda Malut dan meminta Affan mempertahankan jabatannya untuk menuntaskan kasus yang menjerat Bupati Sula AHM.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6025 seconds (0.1#10.140)