Solar langka penggilingan padi setop operasi

Selasa, 02 April 2013 - 13:22 WIB
Solar langka penggilingan...
Solar langka penggilingan padi setop operasi
A A A
Sindonews.com - Kelangkaan solar kian meluas, tidak hanya truk, bus, atau angkutan umum, namun sudah mengganggu produksi lain. Sejumlah penggilingan padi di Sukoharjo, Jawa Tengah tidak beroperasi karena tidak ada solar, akibatnya puluhan ton gabah terlantar.

Salah satu penggilingan padi di Desa Ngemplak dan Desa Mayang, Kecamatan Gatak milik keluarga Parjanto sudah beberapa hari tidak beroperasi. Hal ini karena sulitnya mendapatkan solar untuk menngerakkan mesin disel di penggilingan padi ini.

Berbagai upaya dilakukan untuk mendapatkan solar namun tidak membuahkan hasil. Karena solar di SPBU yang disambanginya sudah habis sebab pasokan dibatasi Pertamina.

Pemilik penggilingan Parjanto mengaku solarnya sudah tidak tersisa lagi. Padahal dalam sehari bisa menghabiskan solar hingga 75 liter untuk empat mesin giling.

"Kalau lancar, sehari bisa dua ton gabah digiling, tapi karena tidak ada solar, semua pegawai jadi nganggur," katanya, Selasa (2/4/2013).

Parjanto mengaku dalam sehari dua hingga ton gabah bisa dihasilkan dan warga sekitarpun memanfaatkan jasa ini. Namun langkanya solar membuat gabah terlantar di sekitar penggilingan.

Mereka berharap pasokan solar kembali lancar sehingga bisa menjalankan usahanya secara normal.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)