Ini petunjuk jalur evakuasi warga Kawah Timbang

Selasa, 02 April 2013 - 11:47 WIB
Ini petunjuk jalur evakuasi warga Kawah Timbang
Ini petunjuk jalur evakuasi warga Kawah Timbang
A A A
Sindonews.com - Aktivitas Kawah Timbang di Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, terus mengalami peningkatan. Asap putih terus keluar hingga membubung setinggi 100 meter dari pusat semburan.

Maka itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara terus mengimbau warga untuk waspada dan memperhatikan jalur evakuasi jika sewaktu-waktu sebaran gas beracun meluas hingga ke pemukimkan warga.

Petugas vulkanologi yang melakukan pengukuran dalam tanah sedalam 50 cm pada titik 700 meter hingga 1.500 meter dari Kawah Timbang menuju ke Kalisat menunjukan konsentrasi gas dalam tanah masih tinggi hingga angka maksimal 5 persen volume.

"Kami imbau warga untuk memperhatikan jalur evakuasi dan loksai pos pengungsian. Sehingga sewaktu-waktu sebaran gas meluas, kepanikan tidak terjadi. Untuk warga Dusun Simbar, Serang Sumberejo yang berada di barat kawah, bisa langsung menuju ke barat menuju ke pos pengungsian balai Desa Batur yang berjarak 3 kilo meter dari Kawah Timbang," jelas Kepala BPBD Banjarnegara Tursiman, Selasa (2/4/2013).

Sementara untuk warga Dusun Kali Sat dan Kali Putih yang berlokasi di timur Kawah Timbang, bisa menuju ke arah timur ke Balai Desa Posurenan yang berjarak 2,5 km.

"Sementara jika ada warga yang mengalami gangguan kesehatan, bisa menuju arah puskemas yang berlokasi di arah barat Kawah Timbang yang berjarak 2 KM dari Kawah Timbang," paparnya.

Sementara itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih menyatakan status kawah pada level siaga. Warga diminta untuk tidak memasuki zona bahaya dalam radius 1 KM dari Kawah Timbang.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3684 seconds (0.1#10.140)