Upah dibawah UMK, ratusan buruh demo tutup pabrik

Senin, 01 April 2013 - 12:18 WIB
Upah dibawah UMK, ratusan buruh demo tutup pabrik
Upah dibawah UMK, ratusan buruh demo tutup pabrik
A A A
Sindonews.com - Merasa tertekan dengan upah dibawah Upah Minimum Kabupaten /Kota (UMK), ratusan buruh pabrik matras di Sawo Cangkring, Wonoayu, Sidoarjo menggelar aksi demo.

Selain menutup paksa pabrik, buruh juga melakukan aksi konvoi ke kantor Disnaker Propinsi Jatim di surabaya untuk melaporkan pelanggaran yang dilakukan manajemen dan pemilik pabrik, Senin (1/4/2013).

Aktifitas pabrik matras PT Sinchang di Kawasan Desa Sawo, Cangkring Wonoayu, Sidoarjo lumpuh sejak pagi akibat aksi demo yang dilakukan sekitar 150 buruh di depan pabrik. Ratusan buruh ini menutup paksa pabrik dan meminta agar manajemen membayar upah sesuai UMK.

Selain pembayaran upah sesuai umk, buruh juga menuntut pemilik pabrik untuk memberikan uang jaminan kesehatan dan kesejahteraan buruh yang selama ini tidak diberikan.

Meski sejumlah aparat kepolisian dikerahkan untuk membantu membuka pabrik dari penutupan buruh, namun aparat tidak bisa berbuat banyak. Karena buruh tetap memaksakan untuk menutup pabrik hingga tuntutan mereka dipenuhi /

Dalam aksi itu, buruh juga melakukan konvoi ke Kantor Disnaker Jawa Timur di Surabaya untuk melaporkan pelanggaran yang dilakukan pihak manajemen dan pemilik pabrik.

"Kami hanay menuntut hak kami dibayar sesuai UMK, selama ini kami sudah melayangkan protes ke manajemen tapi diabaikan," kata Tarmuji koordinator aksi buruh.

Hingga Senin siang, aksi demo ratusan buruh PT Sinchang, Sidoarjo ini masih berlangsung. Sementara terkait aksi demo ini, tidak ada satupun pihak manajemen maupun pemilik pabrik yang mau memberikan keterangan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8290 seconds (0.1#10.140)