Perabotan berubah warna, warga panik

Selasa, 26 Maret 2013 - 09:50 WIB
Perabotan berubah warna,...
Perabotan berubah warna, warga panik
A A A
Sindonews.com - Kadar kandungan H2S atau belerang yang keluar dari Kawah Timbang di Desa Sumberejo, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah mulai membuat panik warga. Karena sejumlah perabotan milik warga yang terbuat dari tembaga telah berubah warna.

Puluhan warga Desa Sumberejo, Kecamatan Batur kini mulai merasa resah. Warga yang bermukim di sekitar Kawah Timbang ini mendapati sejumlah perabotan dapur yang terbuat dari tembaga dan alumunium mulai berubah warna.

Perubahan warna tembaga ini di duga akibat gas H2S atau belerang yang keluar dari Kawah Timbang telah melebihi ambang batas. Tak hanya perabot dapur, sejumlah atap rumah warga dan teralis tembaga kini terlihat berwarna kehitam-hitaman.

Menurut warga kejadian ini sudah sudah berlangsung sejak seminggu yang lalu, diawali dengan bau belerang yang sangat menyengat.

"Ini terjadi sudah sekitar seminggu lalu, baunya menyengat. Saya saja sampai pusing, ini perabotan berubah warnanya jadi item begini, padahal di dalam rumah. Kita jadi was-was," kata Riptiyah, warga Desa Sumberejo, Selasa (26/3/2013).

Untuk itu, Riptiyah meminta petugas melakukan penelitian di sekitar desa untuk mengetahui penyebab berubahnya warna perabot dan sejumlah perkakas yang terbuat dari tembaga.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2188 seconds (0.1#10.140)