Dewan desak sekolah dilengkapi toilet

Kamis, 21 Maret 2013 - 14:14 WIB
Dewan desak sekolah dilengkapi toilet
Dewan desak sekolah dilengkapi toilet
A A A
Sindonews.com - Kurang terkontrolnya fasilitas di Kabupaten Musi Rawas (Mura) membuat banyak sekolah yang tidak dilengkapi dengan sarana toilet. Sayangnya, Dinas Pendidikan Mura baru melengkapi sarana toilet pada beberapa sekolah yang baru dibangun.

"Masih banyak sekolah yang tidak memiliki toilet. Sehingga kondisi ini tidak mencerminkan pola hidup sehat. Padahal lokasi itu tempat generasi penerus bangsa menimba ilmu," sesal Ketua Komisi IV DPRD Mura, Sonny Rahmad Widodo di gedung DPRD Mura, Kamis (21/3/2013).

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjelaskan, sekalipun ada toilet di sekolah tersebut tetapi tidak bisa digunakan. Sehingga menimbulkan ketidaknyamanan di sarana pendidikan tersebut.

"Kami sudah panggil dan ajak mitra kerja Dinas Pendidikan (Dikdis) untuk menuntaskan masalah tersebut. Karena toilet menjadi sarana penting ditiap sekolah dan harus terawat dengan baik," jelas dia.

Sementara itu, Sekretaris Disdik, Sukamto mengatakan untuk sekarang diutamakan dahulu pembangunan, rehab dan penambahan bangunan sekolah. Namun untuk penyediaan toilet sendiri untuk unit sekolah baru sudah dilengkapi seperti SMP dan SMA.
Karena diutamakan toilet. Tetapi sekolah dasar (SD) belum termonitor secara keseluruhan.

"Saya tidak bisa katakan seluruhnya karena belum termonitor langsung," ungkapnya ketika dihubungi.

Sukamto menambahkan, kedepan keberadaan toilet di sarana pendidikan dievaluasi dan pihak sekolah diharapkan menyediakan sarana toilet yang benar-benar bersih dan layak digunakan oleh peserta didik.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5554 seconds (0.1#10.140)