Status Gunung Tangkubanparahu kembali normal

Senin, 18 Maret 2013 - 19:22 WIB
Status Gunung Tangkubanparahu kembali normal
Status Gunung Tangkubanparahu kembali normal
A A A
Sindonews.com - Setelah sempat berstatus waspada, aktivitas vulkanik Gunung Tangkubanparau terus mengalami penurunan. Kini status gunung pun diturunkan dari Waspada (Level II) menjadi Normal (Level I) perhari ini, Senin (18/3/2013) pukul 16.30 WIB.

“Alasan penurunannya adalah dengan menurunnya gempa vulkanik dalam dan gempa vulkanik dangkal, serta tak lagi terekam tremor-tremor dengan durasi lama,” kata Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Surono, di Kantor PVMBG, Bandung.

Selain itu, kadar gas beracun di sekitar karah utama Gunung Tangkubanparahu, Kawah Ratu, relatif menurun. Misalnya gas CO2, CO2 dan H2S sudah dalam batas aman.

“Gas Co2 yang sebelumnya 5,2 ton perhari sekarang emisinya 2,1 ton perhari,” sebut Surono.

Laju deformasi atau pengembangan tubuh Gunung Tangkubanparahu juga mengalami penurunan. “Maka kami putuskan untuk menurunkannya,” tandasnya.

Dengan diturunkannya status gunung menjadi Normal maka radius bahaya pun diturunkan. Jika pada status Waspada, dalam radius 1,5 kilometer dari Kawah Ratu tidak boleh ada aktivitas manusia. Maka dalam status normal kawasan bahaya hanya di sekitar kawah.

Ia mengingatkan bahwa Gunung Tangkubanparahu baru saja meletus meski letusannya kecil. Akibat letusan freatik itu, menyisakan lobang kawah atau solfatara yang masih lebar.

“Kalau cuacca mendung, akan ada akumulasi gasnya bisa tingi. Pengunjung hanya boleh di sekitarnya saja (di luar kawah),” pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6152 seconds (0.1#10.140)