Tangani debu, Pemkot Samarinda kerahkan Damkar

Senin, 18 Maret 2013 - 14:52 WIB
Tangani debu, Pemkot Samarinda kerahkan Damkar
Tangani debu, Pemkot Samarinda kerahkan Damkar
A A A
Sindonews.com - Keluhan masyarakat Samarinda, Kalimantan Timur terkait debu di jalan yang tak kunjung dibersihkan sepertinya segera terjawab. Pemerintah Kota Samarinda mengerahkan armada pemadam kebakaran (Damkar) untuk ikut membersihkan jalan berdebu.

"Sebenarnya sudah kita mulai, kita minta Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk mengerahkan unit pemadam kebakaran agar ikut membantu membersihkan jalan," kata Walikota Samarinda Syahrie Jaang kepada wartawan, Senin (18/3/2013).

Menurut Jaang, dirinya menargetkan jalan dibersihkan dua kali dalam sebulan. Tidak hanya itu, pengawasan terhadap sejumlah kendaraan yang masuk ke Samarinda juga akan ditingkatkan.

Mengenai fasilitas kebersihan jalan, Jaang mengaku memang belum memiliki kendaraan khusus untuk membersihkan debu jalan. Untuk itu, mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk membantu.

"Kita juga minta petugas dari Dinas Perhubungan untuk selalu mengawasi kendaraan, termasuk yang sering keluar masuk proyek di tengah kota. Jangan sampai tanah dari lokasi proyek terikut ban kendaraan dan mengotori jalanan," katanya.

Persoalan debu di Kota Samarinda memang sudah lama dikeluhkan warga. Selain karena kurangnya pengawasan terhadap proyek di tengah kota, banjir yang membawa lumpur juga menjadi penyebab jalan di kota ini dipenuhi debu. Sayangnya, Pemkot Samarinda kurang merespon masalah ini.

"Padahal sungai Mahakam itu banyak sekali airnya, kenapa tidak dimanfaatkan untuk membersihkan jalan," kata Adi, seorang warga kota Samarinda.

Banyaknya pembukaan lahan untuk tambang batubara di kota ini juga menjadi penyebab seringnya banjir datang disertai lumpur. Adi berharap, Pemkot Samarinda segera merealisasikan janjinya untuk rutin membersihkan jalan.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6652 seconds (0.1#10.140)